Sholawat Nahdlatain dan Asal Usul Nama Sholawat Ini, Keren Sob



Sholawat Nahdlatain, Juwiter...!!! So tau enggak Sholawat Nahdlatain. Sholawat ini dikarang atau merupakan karya dari guru besar kita pendiri Nahdlatul Wathan yaitu AL-Magfurulah Maulana Syaikh Tuan Guru Kiyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Beliau menyusun sholawat ini di depan makam baginda Rasulullah, Muhammad Shollu Alaihi Wasallam.

Asal Usul nama Sholawat Nahdhatain

Sholawat ini deberi nama Nahdlatain karena di dalam sholawat ini terdapat doa yang diperuntukkan untuk dua buah lembaga yang didirikannya yaitu NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyyah) dan NBDI (Nahdlatul Banat Diniyyah Islamiyyah) sebuah Yayasan besar yang sudah melahirkan banyak generasi di Lombok, NTB, Indonesia

Sholawat ini berisikan sholawat spesial kepada nabi Muhammad SAW, kemudian kepada semua para nabi dan rasul dan para keluarga dan sahabat mereka. Kemudian dilanjutkan dengan doa untuk NWDI & NBDI, setelah itu dilanjutkan lagi dengan doa untuk kemaslahatan semua pihak, untuk semua kaum muslimin dan muslimat.

Salah satu tradisi disetiap acara baik kecil maupun besar, sebagian besar di Lombok-NTB di awal acara selalu dimulai dengan pembacaan fatihah-fatihah dan sholawat Nahdlatain.

Adapun bacaan sholawat nahdlatain bisa dilihat seperti di gambar yang artinya

Artinya : “ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadamu dengan keagungan dan kemuliaanmu, sampaikanlah sholawat dan salam kepada junjungan kami nabi muhammad dan kepada semua para nabi dan rasul dan keluarga serta sahabat mereka. Dan subur makmurkanlah nahdlatul wathan & nahdlatul banat beserta cabang-cabang keduanya sampai hari kiamat. Dan bantulah kami, bukakanlah kami pintu rahmat, berikanlah kami rezeki, peliharalah kami, dan ampunilah kami beserta semua orang islam. Ya allah ya tuhan yang maha hidup dan mengurus sekalian mahluknya, tidak ada tuhan selain engkau.

Oke Sob, Demikianlah Sekilas Tentang Sholawat Nahdlatain. semoga bermanfaat. wallohu 'alam, Shollu Alan NabiπŸ’•πŸ’—πŸ’“