PROGRAM KERJA ADIWIYATA Menuju Sekolah Sehat BUKAN Sulap

RENCANA KEGIATAN PENGEMBANGAN  SEKOLAH  ADIWIYATA

Sumber :
Diolah dari SEKOLAH yang ASLI MENERAPKAN dan Peraturan Terkait


LATAR BELAKANG

Pendidikan sebagai upaya dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya adalah mutlak keberadaaannya. Suatu bangsa tidak akan pernah bisa melepaskan atau mengabaikan masalah pendidikan. Artinya Pendidikan sangat penting dalam membawa suatu bangsa menuju kejayaan, keberadaban dan kemuliaan.

Sebagai wujud tanggung jawab pendidik terhadap generasi yang akan datang, sepantasnyalah perlu memberikan teladan serta pendidikan yang baik dan bertanggung jawab.

Saat ini dunia seakan khawatir dengan kondisi alam yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup makluk yang ada di muka bumi. Dunia telah berubah dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang membawa dampak terhadap lingkungan hidup.

Eksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran telah membawa dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Banjir, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa alam sebagai akibat dari kecerobohan manusia dalam berperilaku yang tidak peduli lingkungan.

Dalam upaya mengatisipasi kejadian yang lebih parah perlu adanya perubahan perilaku yang peduli lingkungan  pada manusia dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu adanya pendidikan  yang merubah perilaku generasi sekarang agar nantinya mampu menjadi jawaban atas kekawatiran kita saat ini di masa datang.

Dan kepedulian terhadap lingkungan pada dunia pendidikan mulailah muncul dengan ditandainya momentum-momentum dari pemerintah pusat melalui beberapa kementrian dengan program kepedulian lingkungan yang diwujudkan dalam perundang-undangan.


DASAR HUKUM

 Adapun yang menjadi pijakan/payung hukum bagi Program Sekolah Adiwiyata terkait dengan Pendidikan lingkungan hidup adalah sebagai berikut;

  • Tahun 2004 Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerja sama Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri dan Departemen Agama, telah menandatangani Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup.
  • Tanggal 3 Juni 2005 KNLH dan Departemen Pendidikan Nasional menandatangani Kesepakatan Bersama Nomor: KEP. 07/MENLH/06/2005 dan Nomor: 05/VI/KB/2005 tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup
  • Pada tahun 1996 ditandatangani Kesepakatan Bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 0142/U/1996 dan No. KEP 89/MENLH/5/-1996 tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup
  • Sebagai tindak lanjut Kesepakatan Bersama tersebut KNLH dan Departemen Pendidikan Nasional pada Tahun 2006 ini telah mencanangkan Program Adiwiyata (Program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan).

Dengan dasar hukum itulah maka SMP Negeri 14 Madiun (sumber postingan ini) yang mulai tahun 2012 telah mencanangkan diri secara tegas memasukan materi lingkungan hidup pada proses pendidikan.

Dengan jelas dan tegas visi misi sekolah dan langkah konkrit dalam pembelajarannya yang  menjadikan pendidikan lingkungan hidup sangat penting.



Dibawah ini adalah gambaran dari tujuan program adiwiyata di SMP Negeri 14 Madiun.

 TUJUAN / MANFAAT  


  • Menciptakan kondisi yang baik sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan Lingkungan Hidup dan pembangunan berkelanjutan.
  • Mengajak warga sekolah dapat melaksanakan Proses Belajar Mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan  dan menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.


    RINCIAN PROGRAM KERJA SEKOLAH ADIWIYATA

  • 1.Rapat Pembentukan Pengurus Baru Sekolah Adiwiyata
  • 2.Sosialisasi Pembuatan Program Kerja Setiap Pokja
  • 3.Pengumpulan Program Kerja Setiap Pokja
  • 4.Pengawasan Pelaksanaan Program Kerja Setiap Pokja
  • 5.Evaluasi Pelaksaaan Program Kerja Pokja
  • 6.Pembinaan kepada Koordinator Pokja
  • 7.Sosialisasi Program Kerja Sekolah Adiwiyata kepada 10 Sekolah binaan
  • 8.Pembinaan tentang Bahaya Merokok dan Narkoba dari Kepolisian
  • 9.Pengadaan Satu Bunga dalam Satu Pot Tiap Kelas
  • 10.Sosialisasi Dari Dinas Kesehatan
  • 11.Whorkshop Adiwiyata Tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional
  • 12.Bekerja sama dengan Dinas Perhutanan dan Perkebunan dalam Pengadaan Tanman Langka 
  • 13. Sosialisasi Bank Sampah
  • 14.Lomba Kebersihan Kelas
  • 16.Peringatan Idul Adha (Pemakaian daun sebagai pembungungkus daging kurban)
  • 17.Lomba Keindahan dan Keasrian Taman Kelss
  • 18.Study Banding Ke Sekolah Adiwiyata Nasional   
  • 19.Sosialisasi Pembuatan Kompos dari Tim Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Setempat
  • 20.Sosialisasi tentang Green House
  • 21.Sosialisasi tentang Toga
  • 22.Lomba Pemanfaatan Limbah Plastik/Kertas
  • 23.Lomba Kreatifitas Boga
  • 24.Lomba Adzan dan Tartil Qur’an
  • 25.Sosialisasi Kranisasi dan Biopori
  • 26.Lomba Tanaman dalam Pot
  • 27.Lomba Posterisasi Bekerja Sama dengan Jasa Tirta
  • 28.Lomba Mading Kelas tentang Lingkungan Hidup
  • 29.Pemilihan Putra Putri Duta Adiwiyata
   


DISKRIPSI TUGAS PENGURUS SEKOLAH ADIWIYATA



Penanggung Jawab

  • ?Mengangkat dan memberhentikan pengurus
  • ?Bertanggung jawab terhadap seluruh pelaksanaan Adiwiyata
  • ?Menyetujui dan mengawasi pengajuan dan penggunaan anggaran

Ketua

  • ? Menyusun konsep sukses Adiwiyata
  • ? Motivator dan fasilitator pelaksanaan Adiwiyata
  • ? Mengkoordinir dan mengkondisikan pelaksanaan Adiwiyata
  • ? Mengevaluasi pelaksanaan program adiwiyata
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan
  • ? Menjadi tim penilai bagi sekolah binaan

Sekretaris

  •  ? Mengarsip surat-surat keluar dan masuk
  • ? Mengarsip pelaporan dari seluruh pokja
  • ? Membuat surat keluar
  • ? Membantun menyiapkan dokumen/data  terkait penyusunan portofolio
  • ? Membuat laporan kegiatan

Bendahara

  • ? Bersama ketua merumuskan anggaran Adiwiyata
  • ? Menyusun laporan anggaran Adiwiyata
  • ? Menerima dan mengeluarkan anggaran

Tim Portopolio

  •  ? Membuat SK yang berkaitan dengan kebijakan Kepala Sekolah.
  • ?Koordinasi dengan semua masyarakat sekolah dalam rangka pengumpulan data adiwiyata.
  • ? Mendokumentasikan seluruh pelaksanaan adiwiyata di lapangan sesuai dengan pos yang di tugaskan
  • ? Melengkapi data-data atau bukti fisik sesuai dengan kuisioner yang ada.
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan
  • ? Menjadi tim penilai bagi sekolah binaan

Pokja Media Informasi dan Promosi Kesehatan Sekolah (Ekskul JUWITER)

   
  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Memonitor sarana dan prasarana mading
  • ? Mengisi mading secara berkala
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan
  • ? Mendokumentasikan seluruh kagiatan Adiwiyata
  • ? Koordinasi dengan seluruh pokja dan unsur sekolah untuk memfasilitasi dokumentasi
  • ? Melengkapi portopolio dengan dokumen foto

Pokja Taman

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Mengkapling taman sekolah serta membagi tugas tanggung jawab taman sekolah bagi anggota pokja
  • ? Memunculkan kegiatan yang mendukung penghijauan dan penataan taman dan ikon Adiwiyata.
  • ? Mengawasi keadaan taman yang di pelihara kelas masing-masing.
  • ? Menysusun laporan kegiatan
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya

 Pokja Green House

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Pengadaan pembibitan/tanaman
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menyusun laporan
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai pokjanya

Pokja Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Pengadaan TOGA
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Menyusun data TOGA dan manfaatnya
  • ? Membuat/mengolah/memasarkan hasil TOGA
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menyusun laporan
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai pokjanya

Pokja Kebun

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Pengadaan kebun
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya

Pokja Kranisasi, Biopori, dan Drainase

  
  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaa
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Memonitoring kondisi sarana pokja
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan

Pokja Satwa/Fauna

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Pengadaan satwa/fauna
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Membuat laporan

Pokja Komposting

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitor alur sampah
  • ? Pengadaan kompos
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan

Pokja Daur Ulang Sampah Plastik

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Membuat kreatifitas dari limbah plastik
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan

 Pokja Daur Ulang Sampah Kertas

   
  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Membuat kreatifitas dari limbah kertas
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan

Pokja Sarana Prasarana

  • ? Membuat program kerja
  • ? Koordinasi dengan semua pokja dalam rangka pengadaan sarana dan prasarana Adiwiyata
  • ? Koordinasi dengan wali kelas, siswa, dan petugas tata laksana dalam rangka perawatan saluran air
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan pokjanya
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Membuat laporan kegiatan pokja

Pokja Kebersihan Lingkungan Sekolah

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Memaksimalkan dan memonitoring Jumat sehat dan Jumat Bersih
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan

 Pokja Kebersihan Kamar Mandi

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Memonitoring kebersihan dan kelengkapan sarana kamar mandi
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan

Pokja Kesehatan Remaja

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitor kerja anggota
  • ? Menyiapkan sarana-prasarana kesehatan yang cukup
  • ? Bekerja sama dengan Puskesmas memberi penyuluhan pada masyarakat sekolah tentang cara hidup bersih dan sehat
  • ? Mendata keluhan/sakit yang dialami siswa
  • ? Memberikan solusi/cara terbaik untuk melakukan tindakan selanjutnya jika terjadi sakit.
  • ? Memunculkan kegiatan yang dapat mendukung kebersihan dan kesehatan masyarakat sekolah (menggerakkan UKS
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan pokjanya
  • ? Membuat laporan kegitan pokja

Pokja Kantin Sehat

   
  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Menonitoring kerja anggota
  • ? Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan memberi penyuluhan kepada petugas kantin mengenai jajanan yang memenuhi syarat-syarat kesehatan
  • ? Pengawasan terhadap menu mamin di kantin
  • ? Pembinaan terhadap kebersihan kantin dan melengkapi administrasi data pembinaan
  • ? Memunculkan produk unggulan dari pengelolaan Kopsis
  • ? Memberi penyuluhan pada siswa agar tidak mengkonsumsi jajan yang mengandung pengawet, pemanis, pewarna buatan
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan kantin sehat
  • ? Membuat laporan


Pokja Kreatifitas Boga

   
  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitoring kerja anggota
  • ? Menciptakan kreatifitas menu makanan dan minuman sehat
  • ? Memanfaatkan bahan yang ada di sekitar untuk kreatifitas boga
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
  • ? Pembuatan pelaporan kegiatan

Pokja Posterisasi

  •  ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Mengadaklan lomba poster tingkat sekolah yang berkaitan dengan lingkungan.
  • ? Membuat dan memasang poster tentang lingkungan di sekolah
  • ? Membina pembuatan poster di sekolah
  • ? Mengikuti lomba poster di luar sekolah
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan kegiatan posterisasi
  • ? Mengarsipkan semua kegiatan posterisasi
  • ? Membuat laporan


Pokja Kerohanian

  • ? Menyusun program kerja
  • ? Membentuk tim Pembinaan mental
  • ? Memonitoring program kerja
  • ? Memaksimalkan kegiatan kerohanian di sekolah
  • ? TIM bekerja sama dengan Pembina mengadakan pembinaan mental secara berkala pada masyarakat sekolah tentang pentingnya sekolah adiwiyata.
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan kerohanian
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menyusun laporan kegiatan


Pokja Kemanana Lingkungan

  • ? Membuat program kerja
  • ? Membentuk keanggotaan
  • ? Memonitoring program kerja anggota
  • ? Sosialisasi Adiwiyata kepada siswa
  • ? Mengkondisikan situasi hijau, bersih, tertib, santun, aman, dan nyaman
  • ? Merumuskan sanksi pelanggaran Adiwiyata dan menindak pelanggaran yang bersifat mendidik
  • ? Memunculkan kegiatan yang dapat memotivasi kepedulian siswa terhadap Adiwiyata
  • ? Mengupayakan tumbuhnya budaya positif yang menjadi karakter ciri khas SMP Negeri 1 Gampengrejo
  • ? Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
  • ? Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan pokjanya
  • ? Membuat laporan kegitan pokja