Cari Di Blog Ini

Saturday, January 17, 2015

Contoh Program Kerja Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)

Contoh Program Kerja ini kami ambil dari contoh program kerja yang ada di PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK R) SMAN 9 KABUPATEN TANGERANG (SEBINTANG)
KECAMATAN KRONJO KABUPATEN TANGERANG

A. Latar Belakang


Masa Remaja dalam siklus kehidupan manusia Merupakan masa yang sangat penting dimana masa Remaja adalah merupakan titik tolak bagaimana membentuk kehidupan kita kelak akan lebih baik atau lebih buruk, sebagaimana kita ketahui bersama bahwasanya Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa.





Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Masa remaja seperti ini oleh Bank Dunia disebut sebagai masa transisi kehidupan remaja. Transisi kehidupan remaja oleh Bank Dunia dibagi menjadi 5 hal (Youth Five Life Transitions). Transisi kehidupan yang dimaksud menurut Progress Report World Bank adalah:

1. Melanjutkan sekolah (continue learning)
2. Mencari pekerjaan (start working)
3. Memulai kehidupan berkeluarga (form families)
4. Menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship)
5. Mempraktekkan hidup sehat (practice healthy life).

Masa remaja sangat erat kaitannya dengan perkembangan psikis pada periode yang dikenal sebagai pubertas serta diiringi dengan perkembangan seksual.

Kondisi ini menyebabkan remaja menjadi rentan terhadap masalah-masalah perilaku berisiko, seperti melakukan hubungan seks sebelum menikah dan penyalahgunaan napza, yang keduanya dapat membawa risiko terhadap penularan HIV dan AIDS.

Kompleksitas permasalahan remaja tersebut perlu mendapat perhatian secara terus menerus baik dari pihak pemerintah, LSM, masyarakat, maupun keluarga, guna menjamin kualitas generasi mendatang.

PIK R Suatu wadah yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja dalam memperoleh informasi dan pelayanan konseling tentang KKB, PKBR dan kegiatan penunjang lainnya.


Tujuan dari Komitmen ini adalah untuk membantu Remaja di Kabupaten Indramayu umumnya dan Remaja di Kecamatan Kandanghaur khususnya guna mendapatkan informasi seputar masalah Kesehatan Remaja yang baik,sehingga pada akhirnya terwujud Remaja yang terhindar dari freesex, NAPZA dan HIV/AIDS.

Kenapa Perlu PIK R


1. Perilaku seksual yang menyimpang
2. Tidak ada pendidikan khusus tentang kesehatan reproduksi kecuali jurusan kesehatan
3. Tidak ada unit kemahasiswaan bergerak dalam bidang kespro
4. Tetapi untuk lingkup PKM dan riset tentang kespro sering dilakukan dan tidak pernah melibatkan instansi terkait hanya sebagai responden saja.
5. Perlu diselenggarakan lokakarya tentang kegiatan ” seperti ini ” yang melibatkan berbagai disiplin keilmuan.

Dalam hal ini PIK R adalah bagian dari Remaja, Pada Masa Remaja Terkadang kematangan Biologisnya tidak diimbangi dengan kematangan Psikologis.

Maka timbullah berbagai permasalahan seperti Prilaku Sex Bebas, kehamilan yang tida diinginkan, aborsi, Penyalahgunaan Napza hingga Masalah soal HIV/AIDS. Hal tersebut disebabkan Remaja belum ”berdaya”untuk menampilkan Prilaku yang adaptif, sehat dan bertanggung jawab.
Permasalah tersebut juga muncul akibat dari :

1. Masih kurangnya akses Remaja terhadap informasi yang benar seputar Kesehatan Reproduksi Remaja ( TRIAD KRR )
2. Masih kurangnya layanan Program ( Konseling ) yang benar-benar dibutuhkan oleh Remaja ” Youth Friendly Service ”
3. Masih kurangnya model Positip yang dapat dicontoh oleh teman sebayanya.
4. Kurangnya dukungan positip diberikan keluarga terhadap Remaja dalam mengiringi masa Puberitas yang dialaminya.

Pada Era modern seperti saat ini kwalitas kehidupan Remaja sangat menghawatirkan, untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa wajib berpartisipasi dalam rangka menjaga kwalitas generasi muda yang sehat dengan di dasari pengetahuan dan kesadaran Remaja tentang pentingnya pemeliharaan Kesehatan Reproduksi yang mencakup beberapa komponen:

1. Tumbuh Kembang Remaja
2. Penyakit Menular Seksual (PMS) dan HIV/AIDS
3. Penyalahgunaan Narkoba dan Zat Adiktif
4. Kehamilan Yang Tidak diinginkan
5. Perilaku Seksual dan Problematika Remaja
6. Kesetaraan dan Keadilan Gender
7. Kepercayaan Diri dan Tanggung Jawab Remaja

Oleh karena itu perlu upaya untuk membantu mereka melalui pemberdayaan Remaja dalam sesi Informasi, keterampilan dan model Prilaku, guna mempersiapkan dan mendampingi mereka dalam melalui masa remajanya sangat diharapkan, Realisasi dari Kepedulian tersebut diatas kami jabarkan dalam rangkaian Program kegiatan tahun 2011 yang bertitik tumpu pada layanan yang ramah remaja, dengan Orientasi Program pada Peningkatan layanan Informasi dan konseling Seputar Problematika Kesehatan Reproduksi Remaja, HIV/AIDS dan Napza (TRIAD KRR).


Kelompok Sasaran PIK-R


Untuk memaksimalkan capaian Program maka kami menentukan target kelompok sasaran Program yaitu kelompok remaja pada rentang Usia 10 - 24 Tahun yang berada di Kabupaten Indramayu, baik dari Remaja ataupun masyarakat yang ada di Kecamatan Kandanghaur.


Pendekatan Program

Dalam memberikan pelayanan, PIK R Kecamatan kandanghar menerapkan Filosopi ” Youth Frendly Service ”dengan menanamkan nilai-nilai kerelawanan, pengembangan Program yang berkelanjutan, Propesionalisme, dan melibatkan Remaja dalam Perencanaan dan pelaksanaan Program, bekerjasama dengan berbagai lembaga,menggunakan berbagai, Metode dan media yang lebih mudah dijangkau Oleh Remaja dan Lain-lain.....


Strategi PIKR

1. Strategi Peer Educator
2. Strategi Promotif, Preventiv dan Kuratif ( Prevention Oriented )
3. Networking
4. Youth Aktivity of Advocation
5. Youth Personal Approacht

Lembaga Dukungan Program PIKR


1. Pemerintahan Kabupaten Tangerang
2. Leading sector terkait/Dinas/Instansi
3. BPPKB Kab. Tangerang
4. BNN Kab. Tangerang
5. Puskesmas
6. Dinas Pendidikan Kab. Tangerang
7. Sekolah _ Sekolah di wilayah Kec. Kronjo
8. Organisasi ,LSM dll.
9. PMI Kab. Tangerang

Program Kegiatan PIKR


Sesuai dengan hal-hal tersebut maka kami menyususun Rancangan Program sepanjang tahun 2011 sebagai berikut :

1. Program Kegiatan Kesekretariatan


o Louncing PIK R
o Identivikasi Isu Remaja ( Penelitian )
o Penyusunan Rencana Kegiatan 2011
o Audiensi Bupati, Kepada Muspida,Pemerintahan Daerah
o Promosi PIK – Remaja
o Perekrutan Anggota PIK R
o Petemuan Rutin Tim PIK R
o Peer Educator Comunity Ghatering
o HIV Day
o Hani ( Hari anti Narkoba Nasional )
o Harganas ( Hari Keluarga Nasional )
o Pemberdayaan Ekonomi Remaja
o Monitoring dan Evaluasi Program Akhir Tahun 2011



2. Program Kegiatan Divisi SDM ( DSDM)


o Traening Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya
o Traening of Leadersip & Self Managemen
o Life Skill Traening


3. Program Kegiatan Divisi komunikasi,informasi dan edukasi ( DKIE )


o Talk Show Remaja ” TRIAD KRR “ Youth Healty
o Penyuluhan Kesekolah “ PIK R Go To School”
o Penyebaran Media KIE (leaflet,Pamplet,Booklet,Sticker dll)



4. Program Kegiatan Divisi Reproductive Health Counselling Services (DRHCS)


o Konseling Tatap Muka
o Kedai Informasi PIK R Kecamatan Kronjo



5. Program Kerja Divisi Seni dan Budaya


o Penerbitan Buletin Dwi Mingguan
o Jejaring Sosial Face Book PIK R
o Website PIK R



Deskripsi Program

Untuk memperjelas setiap kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2011 kami deskripsikan konsep dasar masing-masing kegiatan sebagai berikut :

1. Program Kerja Kesekretariatan


Maksud dari kegiatan kesekretariatan disini adalah segala bentuk kegiatan yang akan dipersiapkan Oleh Pengurus Inti PIK MA Wiralodra UNWIR Yaitu terdiri dari:
 Louncing PIK R Kecamatan Kronjo
yang di dalamnya di sertai dengan seminar KRR dan mengundang peserta dari tiap oerwakilan PIK R Desa yang ada di kecamatan Kandanghaur sebagai Undangan Seminar KRR.
 Identivikasi Isu Remaja ( Penelitian )
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meng identivikasi sejauh mana permasalahan yang dihadapi oleh Remaja dan apa-apa yang diperlukan oleh mereka,sebagai Fokus dalam penyusunan Program tahun 2011
 Penyusunan Program 2014
 Kegiatan Penyususnan Program adalah sebuah upaya menyusun rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2011 disusun berdasarkan pada Ide/Gagasan dari Pengurus,Data hasil Penelitian dan Usulan dari Partisipan PIK R sebagi pedoman kegiatan supaya lebih terarah dan tepat pada sasaran.
 Audiensi Kepada Camat Kandanghaur,Anggota Legislatif Dapil V
Kegiatan Audiensi adalah sebuah upaya untuk mengadvokasikan segala Program yang akan dilaksanakan sekaligus mencari dukungan dari Camat dan Aleg Dapil V.
 Promosi PIK R Kec. Kandanghaur
Secara umum Promosi Organisasi dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini dan upaya secara khusus dilakukan dalam bentuk Advokasi.Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan Organisasi supaya lebih dapat diterima dan di dukung oleh semua elemen masyarakat.
 Petemuan Rutin Tim PIK R
Pertemuan Rutin Pengurus PIK R dilaksanakan setiap hari Minggu pada minggu pertama setiap satu bulan sekali, bertujuan untuk memperdalam pemahaman pengurus terhadap Materi yang menjadi Concent PIK R dan untuk mengkoordinasikan setiap Program yang akan dilaksanakan.
 Peer Educator Comunity Ghatering
Pertemuan kelompok Pendidik sebaya dilaksanakan tiap satu bulan sekali,yaitu setiap hari minggu pada minggu ketiga setiap bulanya,bertujuan untuk Meningkatkan kapasitas para PS yaitu melalui kegiatan pendalaman materi TRIAD KRR ,pengembangan diri,Leadersip dan Life Skill ( Kecakapan Hidup )
 HIV Day Campaign
Peringatan Hari AIDS pada tahun yang akan datang akan dilaksanakan dengan Konsep kegiatan :Penyuluhan,Kampanye Stop AIDS melalui pembagian Bunga,Leaflat Pesan Moral,Pameran HIV/AIDS dan Aksi Stop AIDS melalui Pengumpulan tanda tangan kepedulian dari masyarakat Umum.Tema akan ditentukan kemudian mengikuti tema yang ditentukan oleh Pemerintah dalam hal ini KPA ( Komisi Penanggulangan AIDS ).



 Hani ( Hari anti Narkoba Nasional )
Konsep Kegiatan Peringatan Hari Anti Narkoba tahun ini adalah Festival Kreativitas Remaja,yang akan menampilkan berbagai kretivitas dari Remaja baik dalam bentuk Musik,Seni rupa dll.Sasaran peserta adalah Remaja Sekolah dan Remaja Umum,tema kegiatan mengikuti Tema yang ditentukan oleh Pemerintah dalam hal ini BNN.
 Harganas ( Hari Keluarga Nasional )
Konsep kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini adalah Talk Show seputar remaja dan Kelurga Sasaran Peserta adalah Remaja dan Ibu-ibu PKK Kab Tangerang. Tema kegiatan ini mengikuti tema yang ditentukan pemerintah dalam Hal ini BPPKB.
 Pemberdayaan Ekonomi Remaja
Kegiatan pemberdayaan Ekonomi mulai tahun ini akan kami lakukan dalam bentuk Lembaga Kursus dan produksi tas gaul remaja.Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberdayakan Remaja dalam kegiatan Ekonomi supaya bisa mempunyai penghasilan sendiri dan untuk mencari sumber pemasukan bagi kas Organisasi.
 Monitoring dan Evaluasi Program Akhir Tahun 2011
Monitoring dan Evaluasi akan kami laksanakan pada akhir tahun 2011,sebagi bentuk Evaluasi sejauh mana Program tahun ini dapat terlaksana dan sejauh mana capaian dari target Kegiatan tahun ini dapat tercapai.



2.Kegiatan Divisi SDM ( DSDM)

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh divisi SDM pada tahun ini lebih berorientasi pada bagai mana menciptakan SDM Remaja yang berkualitas dan Mandiri yang dijabarkan dalam berbagai kegiatan Pelatihan sebagai berikut :
Substansi dari Traening Konselor Sebaya adalah sebagai berikut yaitu bagai mana mempersiapkan para Konselor sebaya dengan pemahaman akan tehnik konseling yang baik dengan berbagai materi yang diberikan diantarnya Keterampilan Komunikasi,Keterampilan Konseling dasar dan berbagai Pemahaman akan materi tambahan lainya.Sasaran Peserta Pelatihan Konseling ini adalah para Kader PIK R Sebintang Kecamatan Kronjo, sebagai upaya Peningkatan Kapasitas Diri Mereka.dan untuk memenuhi kebutuhan akan Konselor Sebaya PIKR yang masih kurang.
Kegiatan ini akan dilaksankana pada pertengahan tahun 2011.
 Traening of Leadersip & Self Managemen
Untuk kegiatan Pelatihan kepemimpinan Remaja akan kami laksanakan pada Pertengahan tahun 2011, dengan sasaran Peserta remaja dari sekolah dan PIK Remaja Tingkat Desa.Konsep dasarnya yaitu satu pelatihan yang mampu membangun sikap kepemimpinan yang ada pada diri Remaja dan bagai mana mengaflikasikanya juga bagai mana mengelolla Diri.
 Life Skill Traening
Pelatihan life skill yang akan dilaksanakan pada tahun ini adalah pelatihan Aflikasi Komputer.sasaran dari pelatihan ini adalah Remaja-Remaja Putus sekolah yang ada di Kab. Indramayu, Insya Allah akan kami laksankana pada Akhir tahun 2011.



3.Kegiatan Divisi Edukasi,Informasi & Komunikasi ( DKIE )

Program kegiatan yang akan dilaksanakan Oleh Divisi KIE pada tahun ini lebih mengarah pada Peningkatan Layanan Informasi yang benar seputar Triad KRR,dengan kegiatan sebagai berikut:
#. Talk Show Remaja ”TRIAD KRR” Youth Healty
Konsep Kegiatan Talk Show disini adalah “ TRIAD KRR “ Youth Healty maksudnya adalah sebuah Talk Show mengenai TRIAD KRR, bagaiman menjadi Remaja yang sehat dengan settingan tempat dan suasana santai,menyenagkan dan Frienly.
#. Penyuluhan Kesekolah “ PIK R Go To SchoOl”
Kegiatan penyuluhan kesekolah-sekolah ini diseting dengan metode yang menyenagkan dan Interaktip,Prosesnya Tim PIKR R bekerjasama dengan Para Pengurus Osis Di setiap sekolah di Kec. Kandanghaur untuk mengemas acara, tersebut materi yang di sampaikan Seputar TRIAD KRR,akan dilaksanakan 3 Bulan setiap hari Sabtu Minggu Pertama dengan target sekolah tingkat SMP dan Sma Se-Kec. Kandanghaur.



4.Kegiatan Divisi Organisasi dan Pengembangan

Kegiatan yang akan dilaksanakan Oleh divisi RHCS ini lebih ditekankan pada peningkatan Layanan Konsultasi Seputar kesehatan Reproduksi Remaja,yang dijabarkan kedalam berbagai Program Sebagai berikut :
 Counselling Via Face Book ,SmS,dan Surat
Program Konseling via Face Book Dilaksanakan oleh Divisi KIE dan Divisi Multi media Konsep dasarnya adalah menampung dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk baik melalui media E-mail,SMS,ataupun Via Face Book.
 Konseling Tatap Muka
Konsep dasar dari Program ini adalah membuka layanan konseling secara langsung,Klien datang ke Konselor Sebaya dilaksanakan pada Setiap hari minggu,pada setiap minggunya yang Bertempat di sekretariat PIK MA Wiralodra UNWIR.
 Kantin informasi PIK R
Konsep dasar kegiatan ini adalah PIK R membuka semacam Warung atau Kantin yang selain menyediakan jajanan juga menyedikan informasi seputar Triad KRR baik melalui Leaplat,Booklate,Komputer ataupun Poster.Dilaksanakan 1 minggu sekali pada hari Sabtu.



5.Kegiatan Divisi Seni dan Budaya ( Multi Media )

Kegiatan Divisi multi Media ini lebih ditekankan pada pemanpaatan Media baik Cetak maupun Elektronik untuk menyampaikan Informasi seputar Triad KRR dengan konsep kegiatan sebagai berikut :




 Penerbitan Buletin Bulanan
Konsep dari Buletin ini yaitu satu buletin yang memuat berbagai Informasi KRR,Kreativitas Remaja dalam bentuk Puisi,Cerpen dll,dan berita seputar artis Olah raga,Sains,Teknology, kegiatan Remaja,dan ada Rubrik konsultasinya juga.Buletin ini dibagikan Gratis ke Sekolah-sekolah,diterbitkan satu bulan sekali pada hari sabtu.

 Blog PIK R
Konsep Dasar Program web ini adalah Penyampaian Informasi Triad KRR melalui media Internet dan propil para pendidik sebaya ,juga seputar kegiatannkegiatan yang dilaksankan Oleh PIK R Sebintang Kecamatan Kronjo. Fasilitas yang digunakan adalah Free Home page ( Blog ) dari Salah satu Website.

Demikianlah contoh program kerja yang ada di PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK R) SMAN 9 KABUPATEN TANGERANG (SEBINTANG) KECAMATAN KRONJO KABUPATEN TANGERANG, semoga terinspirasi.

Extra Ads