Manfaat Tanaman Obat Keluarga, Berkhasiat Banget Gusy.



TANAMANOBAT, Juwiter...!!! Sob. Soal manfaat tanaman terntu tergantung jenis tanamannya sob. Jadi di Artikel ini bakal membahas satu persatu manfaat tanaman obat keluarga. Ada 5 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya yang dibahas di artikel ini. Tapi kita bahas dulu dari sejarahnya ya sob...

Asal-usul Tanaman Obat Keluarga

Sejak dari zaman dulu yang secara turun temurun tanaman obat sering kali dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan menjadikan tanaman tersebut sebagai tanaman obat keluarga. Oya sob, fakta ini ditunjukan oleh berbagai penemuan salah satunya adalah kitab lontar yang berisi tentang berbagai ilmu pengobatan yang sudah dilakukan oleh orang terdahulu.

Khususnya di Indonesia nih sob, tanaman obat keluarga (TOGA) atau dikenal dengan apotik hidup merupakan tanaman yang ditanam pada area di sekeliling rumah, halaman rumah, ditempatkan dalam pot atau ditanam pada kebun yang luasnya berukuran kecil.

Hal tersebut dilakukan oleh pemiliknya untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan herbal keluarga. Adanya apotik hidup yang tak jauh dari tempat tinggal kita, tentu saja akan sangat bermanfaat, baik nantinya digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis sekalipun, sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika tertanam dengan tertata rapi.

Daftar Tanaman Obat Herbal dan Khasitanya

Jika hendak membuat sebuah taman tanaman obat keluarga yang akan ditempatkan pada pot atau perkarangan kosong di tempat tinggal anda, beberapa tanaman berikut ini mungkin bisa menjadi referensi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah daftar tanaman obat keluarga berserta manfaatnya :

1. Kunyit (Curcuma domestica Val.)

Manfaat Kunyit sebagai Tanaman Obat Keluarga

Biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau yang biasanya digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung untuk membuat masakan lempah kuning. Berbagai penyakitpun dapat diatasi oleh nya diantaranya : anti mikroba, pencegah kanker, mengatasi penyakit maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, anti oksidan, mengatasi rasa mual, pembalut luka dan menghilangkan gatal - gatal pada kulit.

Salah Satu Manfaat dari Kunyit adalah Menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah adalah dengan meminum airnya yang didapat dari memarut kunyit kemudian ambil sarinya berupa air. Lakukan hingga kadar lemak dan kolesterol turun.



2. Jahe (Zingiberaceae)

Manfaat Jahe sebagai tanaman Obat Keluarga

Tanaman ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta minuman herbal yang cukup ampuh menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin. Disamping itu beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh jahe antara lain : menyembuhkan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, mangatasi masuk angin, sakit kepala, mengatasi mabuk darat dan laut, obat luka memar dan menghambat oksidasi kolesterol.

Salah Satu Manfaat  Jahe

    Mengatasi batuk, melegakan nafas, masuk angin dan kepala pusing dengan cara menumbuk tidak terlalu harus kemudian diseduh dengan air panas dan tunggu mengendap. Minum selagi masih hangat.


3. Kencur

Manfaat Kencur di Taman Obat Keluarga

Tanaman obat ini dapat juga digunakan sebagai bumbu masakan yang digunakan umumnya untuk membuat sayur bening. Beberapa khasiatnya antara lain untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, mengatasi batuk dan anti peradangan lambung.

Salah Satu Manfaat  dari kencur adalah Mengatasi batuk dan sebagainya dengan cara yang sama persis dengan membuat ramuan tanaman jahe di atas.


4. Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)

Manfaat Temulawak sebagai tanaman Obat Keluarga; zat aktif berupa kurkumin pada temulawak terbukti berkhasiat sebagai obat anti peradangan seperti mengatasi keracunan empedu dan hepatitis B.

Salah Satu Manfaat dari Kecur adalah untuk Memperlambat proses penyebaran virus hepatitis dan mengobati dengan cara memarutnya terlebih dahulu kemudian diminum. Ulangi hingga sembuh.


5. Lengkuas

Manfaat Lengkuas sebagai tanaman obat keluarga; Jika ingin membuat rendang sudah dipastikan menggunakan tanaman obat ini. Namun tahukan kita bahwa lengkuas yang memiliki zat aktif galangol, methyl-cinnamae, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan amilum terbukti ampuh mengatasi penyakit diantaranya : melancarkan peredaran darah, membuang toxin dan radikal bebas dalam tubuh, penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan diare, mengatasi mabuk darat dan laut dan mencegah tumor.

Salah Satu Manfaat lengkuas sebagai tanaman obat keluarga bisa Menjadikannya sebagai bahan bumbu masakan adalah cara efektif untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit atau dengan merebus 3 ruas lengkuas yang sudah diiris tipis-tipis dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1/2 gelas air. Minum air rebusan tersebut diwaktu pagi sebelum sarapan.