Deskripsi dan Contoh Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja

INSPIRASI, Juwiter...!!! Untuk memperjelas setiap kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2011, sesuai dengan pembahasan sebelumnya, yaitu contoh Program Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja, dengan keterangan disini maka kami lanjutkan dengan deskripsikan konsep dasar masing-masing kegiatan sebagai berikut :


1. Program Kerja Kesekretariatan PIK-R

Maksud dari kegiatan kesekretariatan disini adalah segala bentuk kegiatan yang akan dipersiapkan Oleh Pengurus Inti PIK MA Wiralodra UNWIR Yaitu terdiri dari:

2. Louncing PIK R Kecamatan Kronjo

yang di dalamnya di sertai dengan seminar KRR dan mengundang peserta dari tiap oerwakilan PIK R Desa yang ada di kecamatan Kandanghaur sebagai Undangan Seminar KRR.

3. Identivikasi Isu Remaja ( Penelitian )

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meng identivikasi sejauh mana permasalahan yang dihadapi oleh Remaja dan apa-apa yang diperlukan oleh mereka,sebagai Fokus dalam penyusunan Program tahun 2011


Penyusunan Program PIK-R

Kegiatan Penyususnan Program adalah sebuah upaya menyusun rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2011 disusun berdasarkan pada Ide/Gagasan dari Pengurus,Data hasil Penelitian dan Usulan dari Partisipan PIK R sebagi pedoman kegiatan supaya lebih terarah dan tepat pada sasaran.

Audiensi Kepada Camat Kandanghaur,Anggota Legislatif Dapil V

Kegiatan Audiensi adalah sebuah upaya untuk mengadvokasikan segala Program yang akan dilaksanakan sekaligus mencari dukungan dari Camat dan Aleg Dapil V.

Promosi PIK R Kec. Kandanghaur

Secara umum Promosi Organisasi dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini dan upaya secara khusus dilakukan dalam bentuk Advokasi.Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan Organisasi supaya lebih dapat diterima dan di dukung oleh semua elemen masyarakat.

Petemuan Rutin Tim PIK R

Pertemuan Rutin Pengurus PIK R dilaksanakan setiap hari Minggu pada minggu pertama setiap satu bulan sekali, bertujuan untuk memperdalam pemahaman pengurus terhadap Materi yang menjadi Concent PIK R dan untuk mengkoordinasikan setiap Program yang akan dilaksanakan.

Peer Educator Comunity Ghatering

Pertemuan kelompok Pendidik sebaya dilaksanakan tiap satu bulan sekali,yaitu setiap hari minggu pada minggu ketiga setiap bulanya,bertujuan untuk Meningkatkan kapasitas para PS yaitu melalui kegiatan pendalaman materi TRIAD KRR ,pengembangan diri,Leadersip dan Life Skill ( Kecakapan Hidup )

HIV Day Campaign

Peringatan Hari AIDS pada tahun yang akan datang akan dilaksanakan dengan Konsep kegiatan :Penyuluhan,Kampanye Stop AIDS melalui pembagian Bunga,Leaflat Pesan Moral,Pameran HIV/AIDS dan Aksi Stop AIDS melalui Pengumpulan tanda tangan kepedulian dari masyarakat Umum.Tema akan ditentukan kemudian mengikuti tema yang ditentukan oleh Pemerintah dalam hal ini KPA ( Komisi Penanggulangan AIDS ).

Hani ( Hari anti Narkoba Nasional )

Konsep Kegiatan Peringatan Hari Anti Narkoba tahun ini adalah Festival Kreativitas Remaja,yang akan menampilkan berbagai kretivitas dari Remaja baik dalam bentuk Musik,Seni rupa dll.Sasaran peserta adalah Remaja Sekolah dan Remaja Umum,tema kegiatan mengikuti Tema yang ditentukan oleh Pemerintah dalam hal ini BNN.

Harganas ( Hari Keluarga Nasional )


Konsep kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini adalah Talk Show seputar remaja dan Kelurga Sasaran Peserta adalah Remaja dan Ibu-ibu PKK Kab Tangerang. Tema kegiatan ini mengikuti tema yang ditentukan pemerintah dalam Hal ini BPPKB.

Pemberdayaan Ekonomi Remaja

Kegiatan pemberdayaan Ekonomi mulai tahun ini akan kami lakukan dalam bentuk Lembaga Kursus dan produksi tas gaul remaja.Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberdayakan Remaja dalam kegiatan Ekonomi supaya bisa mempunyai penghasilan sendiri dan untuk mencari sumber pemasukan bagi kas Organisasi.

Monitoring dan Evaluasi Program Akhir Tahun 2011

Monitoring dan Evaluasi akan kami laksanakan pada akhir tahun 2011,sebagi bentuk Evaluasi sejauh mana Program tahun ini dapat terlaksana dan sejauh mana capaian dari target Kegiatan tahun ini dapat tercapai.

2.Kegiatan Divisi SDM ( DSDM)

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh divisi SDM pada tahun ini lebih berorientasi pada bagai mana menciptakan SDM Remaja yang berkualitas dan Mandiri yang dijabarkan dalam berbagai kegiatan Pelatihan sebagai berikut :

Substansi dari Traening Konselor Sebaya adalah sebagai berikut yaitu bagai mana mempersiapkan para Konselor sebaya dengan pemahaman akan tehnik konseling yang baik dengan berbagai materi yang diberikan diantarnya Keterampilan Komunikasi,Keterampilan Konseling dasar dan berbagai Pemahaman akan materi tambahan lainya.Sasaran Peserta Pelatihan Konseling ini adalah para Kader PIK R Sebintang Kecamatan Kronjo, sebagai upaya Peningkatan Kapasitas Diri Mereka.dan untuk memenuhi kebutuhan akan Konselor Sebaya PIKR yang masih kurang.

Kegiatan ini akan dilaksankana pada pertengahan tahun 2011.

Traening of Leadersip & Self Managemen


Untuk kegiatan Pelatihan kepemimpinan Remaja akan kami laksanakan pada Pertengahan tahun 2011, dengan sasaran Peserta remaja dari sekolah dan PIK Remaja Tingkat Desa.Konsep dasarnya yaitu satu pelatihan yang mampu membangun sikap kepemimpinan yang ada pada diri Remaja dan bagai mana mengaflikasikanya juga bagai mana mengelolla Diri.


Life Skill Traening

Pelatihan life skill yang akan dilaksanakan pada tahun ini adalah pelatihan Aflikasi Komputer.sasaran dari pelatihan ini adalah Remaja-Remaja Putus sekolah yang ada di Kab. Indramayu, Insya Allah akan kami laksankana pada Akhir tahun 2011.



3.Kegiatan Divisi Edukasi,Informasi & Komunikasi ( DKIE )

Program kegiatan yang akan dilaksanakan Oleh Divisi KIE pada tahun ini lebih mengarah pada Peningkatan Layanan Informasi yang benar seputar Triad KRR,dengan kegiatan sebagai berikut:

  • Talk Show Remaja ”TRIAD KRR” Youth Healty

Konsep Kegiatan Talk Show disini adalah “ TRIAD KRR “ Youth Healty maksudnya adalah sebuah Talk Show mengenai TRIAD KRR, bagaiman menjadi Remaja yang sehat dengan settingan tempat dan suasana santai,menyenagkan dan Frienly.

  • Penyuluhan Kesekolah “ PIK R Go To SchoOl”

Kegiatan penyuluhan kesekolah-sekolah ini diseting dengan metode yang menyenagkan dan Interaktip,Prosesnya Tim PIKR R bekerjasama dengan Para Pengurus Osis Di setiap sekolah di Kec. Kandanghaur untuk mengemas acara, tersebut materi yang di sampaikan Seputar TRIAD KRR,akan dilaksanakan 3 Bulan setiap hari Sabtu Minggu Pertama dengan target sekolah tingkat SMP dan Sma Se-Kec. Kandanghaur.

4.Kegiatan Divisi Organisasi dan Pengembangan

Kegiatan yang akan dilaksanakan Oleh divisi RHCS ini lebih ditekankan pada peningkatan Layanan Konsultasi Seputar kesehatan Reproduksi Remaja,yang dijabarkan kedalam berbagai Program Sebagai berikut :

Counselling Via Face Book ,SmS,dan Surat

Program Konseling via Face Book Dilaksanakan oleh Divisi KIE dan Divisi Multi media Konsep dasarnya adalah menampung dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk baik melalui media E-mail,SMS,ataupun Via Face Book.


Konseling Tatap Muka

Konsep dasar dari Program ini adalah membuka layanan konseling secara langsung,Klien datang ke Konselor Sebaya dilaksanakan pada Setiap hari minggu,pada setiap minggunya yang Bertempat di sekretariat PIK MA Wiralodra UNWIR.

Kantin informasi PIK R

Konsep dasar kegiatan ini adalah PIK R membuka semacam Warung atau Kantin yang selain menyediakan jajanan juga menyedikan informasi seputar Triad KRR baik melalui Leaplat,Booklate,Komputer ataupun Poster.Dilaksanakan 1 minggu sekali pada hari Sabtu.


5. Kegiatan Divisi Seni dan Budaya ( Multi Media )

Kegiatan Divisi multi Media ini lebih ditekankan pada pemanpaatan Media baik Cetak maupun Elektronik untuk menyampaikan Informasi seputar Triad KRR dengan konsep kegiatan sebagai berikut :


Penerbitan Buletin Bulanan

Konsep dari Buletin ini yaitu satu buletin yang memuat berbagai Informasi KRR,Kreativitas Remaja dalam bentuk Puisi,Cerpen dll,dan berita seputar artis Olah raga,Sains,Teknology, kegiatan Remaja,dan ada Rubrik konsultasinya juga.Buletin ini dibagikan Gratis ke Sekolah-sekolah,diterbitkan satu bulan sekali pada hari sabtu.


Blog PIK R
Konsep Dasar Program web ini adalah Penyampaian Informasi Triad KRR melalui media Internet dan propil para pendidik sebaya ,juga seputar kegiatannkegiatan yang dilaksankan Oleh PIK R Sebintang Kecamatan Kronjo. Fasilitas yang digunakan adalah Free Home page ( Blog ) dari Salah satu Website.

Demikianlah contoh program kerja yang ada di PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK R) SMAN 9 KABUPATEN TANGERANG (SEBINTANG) KECAMATAN KRONJO KABUPATEN TANGERANG, semoga terinspirasi.