PIK Remaja Jalur Masyarakat dan Tujuannya

PIK REMAJA, JUWITER ;  PIK Remaja Jalur masyarakat adalah salah satu jalur yang dikembangkan dalam program PIK Remaja. Ada dua jalur yang kembangkan dalam PIK Remaja yaitu jalur pendidikan dan masyarakat, yaitu PIK Jalur Pendidikan dan PIK Remaja Jalur Masyarakat. 

Artikel ini khusus akan membahas soal PIK Remaja Jalur Masyarakat. Namun sebelum membahasnya, Ada baiknya kita mengingat soal PIK Remaja Jalur Pendidiakan. Mengingat banyak diantara remaja kita yang berpendidikan atau usia Remaja ada di Pendidikan atau Sekolah. PIK Remaja Jalur Pendidikan meliputi sekolah, perguruan tinggi, dan pesantren.

PIK Remaja Jalur Masyarakat

PIK Remaja jalur masyarakat diantaranya melalui organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, dan komunitas remaja.

Kedua jalur tersebut merupakan sasaran yang penting untuk mendekati komunitas remaja. Pembentukan PIK Remaja di kedua jalur tersebut akan membantu mendekatkan akses remaja terhadap informasi GenRe khususnya Kesehatan Reproduksi Remaja, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja, Life Skills, Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK Remaja perlu dikembangkan suatu kegiatan yang memacu kelompok-kelompok tersebut untuk lebih maju dan mandiri. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemilihan PIK Remaja.

Pemilihan tersebut diharapkan akan mendorong setiap PIK Remaja untuk berusaha meningkatkan kualitas dan kapasitasnya. PIK Remaja yang menjadi unggulan akan lebih mapan dan memiliki fungsi tambahan sebagai model, tempat rujukan, studi banding, dan magang bagi PIK Remaja lainnya.