Sepekan Pendampingan Gema Alam NTB di 6 Desa - SENYUM MEREKA

Adiwiyata

Sepekan Pendampingan Gema Alam NTB di 6 Desa

Selama enam hari, terhitung sejak 1 sampai 6 Juni 2017, Gema Alam NTB mendampingi komunitas di enam desa. Pendampingan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk mengembangkan produk sesuai potensi masing-masing desa.

“Masing-masing desa memiliki potensi yang berbeda,”kata Ketua Gema Alam NTB, Haiziah Gazali.

Diceritakannya untuk desa Sapit potensi yang dikembangkan tepatnya di blok Dupe HKm Sapit adalah produk yang dihasilkan dari kebun buah dan rumah pohon. Di desa ini terdapat juga kelompok perempuan kreatif Sapit dengan inisiatif membangun koperasi yang akan mengakomodir kopi, tenun dan HHBK.

Untuk desa Suela potensi yang di kembangkan adalah ekowisata Lemor dengan program sekolah alam, pusat informasi dan bale aluq-aluq (oleh-oleh). Sedangkan di desa Mekarsari potensi yang dikembangkan adalah rumah pohon, kebun bunga, camping ground puncak semaring, ekstrak jahe, syrup jahe, madu hutan dan abon nangka..

Desa selanjutnya adalah desa Beririjarak dengan ekowisata gawar gong. Pringgasela dengan produk tenun dan Jurit baru dengan produk kerajinan tangan dan pengelolaan air. (mz/gema)
Powered by Blogger.