Cari Di Blog Ini

Friday, January 13, 2017

Inspirasi Perjuangan Kadus Di Desa Toya Aikmel


SIMPULKIPRAH. Simpulntb.com.
Sahmin, peria (40) progresif dan penuh dedikasi, ia adalah seorang kepala dusun (Kadus) dikampungnya di Dusun Montor Lekong Desa Toya Kecamatan Aikemel Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB. Tak hanya kadus, ia juga sebagai tokoh teladan warga setempat.

Sahmin Lahir pada tahun 1979 di Desa Lenek Daya Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Sejak tahun 1999 kemudian hijrah ke Dusun Montor Lekong Desa Toya Kecamatan Aikmel. Berpindahnya ke dusun tersebut karena adanya warisan sawah dari orang tuanya.

Selama tinggal disana, ia sangat akrab bersama warga setempat. Membantu warga tanpa pamrih. Seiring pengabdiannya, dia terpilih sebagai kadus dengan cara aklamasi pada tahun 2012. Begitu besar pengabdianya, selain sebagai kadus, ia juga mengabdi dalam penjagaan dan pelestarian hutan.

Pengabdian tersebut selanjutnya ia dikukuhkan oleh pemerintah, sebagai anggota masyarakat mitra polhut (MMP) yang terus aktif dalam menjaga kelestarian kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Hingga saat ini ia tinggal di Dusun Montor Lekong bersama keluarga kecil, anak, isteri dan masyarakatnya.

Untuk diketahui, Dusun Montor Lekong merupakan dusun terpencil dan berbatasan langsung dengan kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Jika hendak kesana, harus ekstra hati-hati. Selain kondisi jalan berbelok dan menanjak, juga jalan tersebut berbatu dan penuh kerikil.

Jarak tempuh dari pusat desa ke dusun tersebut kurang lebih 4 KM dan cukup tentu akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Meski kondisi perkampunganya dan akses jalan yang belum layak. Sahmin bukan orang yang mengeluh, tekad dan semangatnya terus terbangun dan memperjuangkan masyarakatnya.

Membantu masyarakat dalam membantu pembuatan akta kelahiran, kartu tanda penduduk, kartu keluarga dan lain sebagainya ia lakukan demi melayani warganya. (Rasyid Ridho/ADBMI)


Extra Ads