SMAN 1 Selong, Produktif Kelola Sampah - SENYUM MEREKA

Adiwiyata

SMAN 1 Selong, Produktif Kelola Sampah

Ilustrasi (S) Serunaialam
Ide kreatif tentu sangat baik apabila dimiliki oleh seseorang. Apalagi sampai
mampu diwujudkan dalam bentuk nyata.  Sebagaimana yang di programkan SMA Negeri 1 Selong.

Sekolah yang terkenal sebagai sekolah rebutan siswa setiap tahun ajaran baru ini membina siswanya mengolah limbah sampah anorganik menjadi barang yang layak dan bernilai ekonomis.

Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Yulianti S.Pd menerangkan, apa yang telah dilakukan siswa dalam pengelolaan sampah menjadi barang yang berguna terkait dengan mata pelajaran BK dan desain grafis.

Selain sebagai muatan pelajaran siswa, pengelolaan samapah juga dinilai menjadi tolak ukur sejauh mana siswa mampu berkreatifitas, "ini kan bisa sebagai uji coba kemampuan mereka dalam berkarya terutama dalam memanfatkan sampah,"paparnya.

Ide pengelolaan sampah, pertama kali terinspirasi karena guru pembimbing tersebut mengkalkulasikan volume sampah perharinya yang tergolong banyak.

Agar sampah-sampah itu bermanfaat maka ditugaskanlah agar siswa berkarya. Dengan adanya kegiatan tersebut pihak sekolah berharap agar siswa terus bersemangat dalam mengembangkan kreatifitas lebih maju lagi untuk mengembangkan potensi masing –masing siswa.
Powered by Blogger.