TRIAD KRR dan Resiko yang Dihadapi Remaja

Triad KRR adalah istilah yang biasa digunakan dalam program keluarga berencana dan bimbingan, konsultasi dan konseling remaja. Dalam TRIAD KRR dikenal beberapa istilah yang kami simpulkan sebagai berikut

Pengertian Triad KRR

TRIAD KRR adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza.
sedangkan KRR merupakan kepanjangan dari Kesehatan Reproduksi Remaja.

Pengertian Seksualitas

Seksualitas adalah segala sesuatu yang menyangkut hidup manusia sebagai makhluk seksual, yaitu emosi, perasaan, kepribadian, sikap yang berkaitan dengan perilaku seksual, hubungan seksual dan orientasi seksual.

Pengertian HIV

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu virus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia.


Pengertian AIDS


Aids adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yaitu sekumpulan gejala yang timbul akibat melemahnya sistem kekebalan tubuh karena terinfeksi virus HIV.


Pengertian IMS


IMS adalah  kepanjangan dari infeksi menular seksual yaitu infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Pengertian NAPZA

NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan zat adiktif lainnya. kata lain yang sering dipakai adalah Narkoba.


Pengertian Napza

Napza adalah zat-zat kimiawi yang masukkan ke dalam tubuh manusia, baik secara oral (melalui mulut) dihirup (melalui hidung) dan disuntik.
INFORMASI LAIN SEPUTAR PIK-KRR


Pengertian Kesehatan Reproduksi Remaja

 Kesehatan Reproduksi Remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem reproduksi (fungsi, komponen dan proses) yang dimiliki oleh remaja baik secara fisik, mental dan sosial.
TRIAD KRR adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza.
Seksualitas adalah segala sesuatu yang menyangkut sikap dan perilaku seksual  maupun orientasi seksual.

Pengertian HIV

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Sedangkan pengertian HIV adalah virus yang menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome. Sedangkan pengertian AIDS adalah kumpulan dari berbagai gejala penyakit akibat turunnya sistem kekebalan tubuh individu karena HIV.

Pengertian Napza

Napza adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Sedangkan pengertian Napza adalah zat-zat kimiawi yang dimasukkan kedalam tubuh manusia baik secara oral (melalui mulut), dihirup (melalui hidung) atau disuntik.

Pengertian Program KRR

Program KRR adalah program untuk membantu remaja agar TEGAR dari resiko TRIAD KRR, dan memiliki status sistem reproduksi yang sehat melalui peningkatan komitmen, pemberian informasi, pelayanan konseling, rujukan medis, dan pendidikan kecakapan hidup.

Pengertian Remaja

Remaja adalah penduduk laki-laki atau perempuan yang berusia 10-19 tahun dan belum menikah (WHO).

Pengertian Pendidik Sebaya

Pendidik Sebaya KRR adalah orang yang menjadi narasumber bagi kelompok remaja sebayanya yang telah mengikuti pelatihan Pendidik Sebaya KRR.

Pengertian Sebaya KRR

Konselor Sebaya KRR adalah orang yang dapat memberikan konseling KRR bagi kelompok remaja sebayanya yang telah mengikuti pelatihan konseling KRR.

Pengertian Pemberian Informasi KRR

Pemberian informasi KRR adalah suatu proses penyampaian informasi KRR oleh seorang Pendidik Sebaya yang membantu remaja sebayanya dalam memahami kesehatan reproduksi.

Pengertian Konseling KRR

Konseling KRR adalah suatu proses tatap muka dimana seorang Konselor Sebaya yang membantu remaja sebayanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi.