Penilain PIK Remaja Jalur Masyarakat dan Jalur Pendidikan di Bali

PIK Remaja, Juwiter...!!! Penilaian PIK Remaja Jalur Sekolah Duta Kota Denpasar diwakili oleh PIK-Remaja Uma Bhavani di SMAN 8 Denpasar dan PIK Remaja Jalur Kemasyarakatan diwakili oleh PIK Remaja Teruna Jempiring  Desa Tegal Kerta

Penilaian ini telah dilaksanakan pada Hari kamis, 2 April 2015, dipimpin oleh Kasub. Bid Bina Ketahanan remaja Ir Desak Nyoman Tri Arsini Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dan Unsur Dinas pendidikan Provinsi Bali serta KISARA. pada kesempatan kegiatan ini dihadiri pula oleh Ibu Kepala Badan KB dan PP Kota Denpasar, bersama Ketua Komite SMAN 8 Denpasar, Kepala Sekolah serta para tokoh masayarakat.

Kita ketahui bersama bahwa Denpasar adalah menjadi ibu kota Provinsi Bali dan sekaligus sebagai pusat pendidikan, perekonomian, pemerintahan disamping itu juga Denpasar sebagai daerah tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara, sudah barang tentu menimbulkan banyak permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah kota itu sendiri, salah satu diantaranya permasalahan remaja terutama seks bebas, HIV/AIDS serta narkoba.

Pembentukan PIK R/M dilingkungan komunitas remaja dan mahasiswa serta masyarakat  mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang 8 fungsi keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan, Triad KRR (Seksualitas, HIV/AIDS dan Napza), Life Skills, Gender, Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi).

Isu-isu Seksualitas, HIV/AIDS dan Napza merupakan isu yang sangat actual saat ini yang memerlukan perhatian semua pihak. Apabila kasus remaja ini dibiarkan, sudah barang tentu akan merusak masa depan remaja/mahasiswa pada khususnya, masa depan keluarga dan masa depan bangsa pada umumnya.


Ibu kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Denpasar menyampaikan bahwa Badan KB dan PP Kota Denpasar telah membentuk Pusat Informasi dan Konseling-Remaja/Mahasiswa baik di sekolah maupun di Perguruan Tinggi sebanyak 8 PIK-Remaja/Mahasiswa yaitu :
  1. PIK Remaja SMAN 2 Denpasar
  2. PIK-Remaja Uma Bhavani di SMAN 8 Denpasar
  3. PIK-Remaja Dharma Praja di SMA Dharma Praja Denpasar
  4. PIK-Remaja Smara di SMP Dwijendra Denpasar
  5. PIK-Mahasiswa Kula Jana Nuraga di Universitas Hindu Indonesia
  6. PIK-Mahasiswa Yowana Bhakti di Poltekes Kemenkes Denpasar
  7. PIK-Mahasiswa Widyadari di IKIP PGRI Bali
  8. PIK-Mahasiswa Kresna Duta di Universitas Ngurah Rai Denpasar.


Demikianlah berita tentang Duta PIK Remaja Jalur Sekolah dan PIK Remaja Jalur Kemasyarakatan dan Kelompok Bina keluarga Remaja Kota Denpasar. Semoga bermanfaat (kbdenpasarkota.go.id)...Assalamualaikum. Terimakasih sumber.