Penguatan Kelembagaan Menuju PAUD Berkualitas - SENYUM MEREKA

Penguatan Kelembagaan Menuju PAUD Berkualitas

Selaras dengan apa yang disampaikan Bunda PAUD Lombok Timur, Hj. Supinah Ali,  bahwa PAUD harus mendapatkan perhatian serius. Tercermin juga dalam yel-yel Bimtek PAUD yang digaungkan Kabid PLS, H.L.M. Nursalim, “Jika Bisa Dipercepat, Kenapa Harus Diperlambat”.

Training PAUD

 Oleh : Nurmala Hikmah - PAUD IT al-PATIH

Beragam teknis yang langka dan belum pernah diterapkan berjalan rapi dalam kegiatan  Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kelembagaan menuju Gerakan PAUD Berkwalitas, yang digelar di Pondok Santai, 22 sampai 24  Februari 2016.

    Kontrak kerja kedisiplinan panitia dan peserta, keharusan datang jam 07.00, refleksi tiap pagi (07.30 -08.00) oleh Kepala Bidang PLS pra materi Bimtek, outbond penuh makna sampai pemberian materi tambahan yang melahirkan karya Jurnalistik ini, merupakan harapan sesuai tema “Penguatan Kelembagaan, Menuju PAUD Berkwalitas”.
     Kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 20 kecamatan se-Lombok Timur. Setiap kecamatan mengutus sedikitnya 2 orang perwakilan, bahkan ada yang berjumlah 4 orang seperti kecamatan Sakra.

    Kegiatan Bimtek dirancang dengan sebaik mungkin, dimana panitia menyusun beberapa Best practice kegiatan meliputi kontrak kerja antara panitia dan peserta, refleksi peserta, refleksi narasumber, overview hasil refleksi peserta, rencana tindak lanjut peserta, pemilihan peserta terbaik, dan evaluasi panitia.

    Usai kegiatan, H.Nursalim, Kabid PLS ketika dihubungi mengtatakan kontrak kerja antara panitia dan peserta bertujuan agar semua kita bisa disiplin dan Bimtek ini bukan sebatas seremonial.

Sementara itu Best practicei bertujuan agar kegiatan bimtek dapan berjalan menarik, kondusif dan terarah sehingga tercapai hasil yang maksimal. Pada kesempatan ini pula Kabid PLS Lombok Timur mengenalkan yel-yel Bidang PLS yaitu “Layanan Prima PLS: Jika bisa dipercepat, Mengapa harus diperlambat”.

    “Kita berharap ke depan PLS Dikpora Lombok Timur mampu memberikan pelayanan terbaik bagi kemajuan pendidikan terutama Pendidikan Anak Usia Dini, “Jika bisa dipercepat mengapa harus diperlambat,” Papar H. Nursalim.

    Acara Bimtek kali ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bunda PAUD Lombok Timur, Ibu Hj. Supinah Ali bin Dahlan. Dalam sambutannya Bunda PAUD mengharapkan PAUD di daerah Lombok Timur khususnya harus mendapatkan mendapatkan perhatian yang serius dari semua pihak.

    “setiap jenjang pendidikian awal mulanya dimulai dari PAUD. Dengan adanya kegiatan Bimtek dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pengelola/pendidik PAUD dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini,” demikian Bunda PAUD.

    Beberapa Materi yang disampaikan dalam Bimtek ini adalah pengetahuan dasar yaitu Kebijakan Kemendikbud mengenai Pendidikan Anak Usia Dini, yang disampaikan oleh Bapak Kabid PLS Dikpora Lombok Timur, H. L. M. Nursalim, S.Pd. M. Si. 

Dalam hal ini, beliau menjelaskan bahwa setiap kegiatan punya landasan, dasar hukum atau undang-undang yang mengatur,  yang dijadikan acuan dalam proses pelaksanaan kegiatan PAUD.

    Selain itu ada juga materi Kurikulum 2013, yang disampaikan oleh Ibu Hafni Zuraida, S. Pd, bersama tim. Rencana Penilaian dan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Subhan, juga menambah wawasan kami sebagai guru PAUD.

    Ada juga Materi Pengelolaan BKB (Bina Keluarga Balita) menuju PAUD HI (holistic integrative) yang disampaikan oleh Hj. Hesti, TP. S.Sos. MM, yang merupakan Kabid KB/KS BPPKB Kab Lombok Timur.
    Materi terakhir adalah Optimalisasi peran dan Fungsi Stakeholder melaui Manajemen Berbasis Sekolah (nurmala/mz)
_________________
Lombok, Lombok, Lombok, PAUD Lombok Timur, Lombok, Lombok, Lombok, PAUD Lombok Timur,Lombok, Lombok, Lombok, PAUD Lombok Timur,Lombok, Lombok, Lombok, PAUD Lombok Timur,Lombok, Lombok, Lombok, PAUD Lombok Timur.  
Powered by Blogger.