Putih Di Lidah Anda, Ini Penjelasannya.

KESEHATAN LIDAH
Lidah.
.
Para Ahli menyebutkan, bahwa titik-titik atau bagian putih pada lidah dapat menjadi tanda-tanda beberapa kondisi medis diantaranya Efek samping dari antibiotik, Candidiasis, Debauch, Dehidrasi, Leukoplakia, Keratosis faringis. Istilah tersebut bisa di browsing.

Dalam dunia medis, warna lidah bisa menunjukkan kesehatan Anda. Lidah yang normal berwarna merah muda. Namun, kalau lidah Anda tiba-tiba berubah jadi putih, kemungkinan besar ada plak bersarang di situ.

Menurut Profesor Kedokteran Gigi Klinis di UCLA School of Dentistry AS, Fariba Younai, lidah secara alami membersihkan dirinya sendiri dan memperbaharui sel-sel di permukaan. Cara ini bertujuan menyingkirkan bakteri dan sel-sel yang mati.

Adakalanya lidah berwarna putih. Ketika Anda melihat lidah berubah warna jadi putih, ada beberapa penyebab.

"Kondisi ini bisa terjadi karena usia, mulut kering, dan penggunaan alkohol. Bisa juga karena Anda terserang demam atau penyakit. Anda bisa menyingkirkan plak lidah dengan menggunakan obat kumur. Dengan kata lain, ini bukanlah masalah yang serius," kata dr Younai dikutip dari Refinery29, Senin (15/5/2017) oleh laman liputan6.

Plak lidah bisa menyebabkan bau mulut, tapi tidak dianggap sebagai kondisi serius. Namun ada penyebab lain yang harus diperhatikan. Jika Anda melihat bintik putih di lidah itu bisa menjadi gejala infeksi jamur, peradangan, atau tanda awal kanker lidah. Sebaiknya Anda menghubungi dokter gigi untuk pemeriksaan yang lebih rinci.

Secara normal, lidah yang sehat harus berwarna merah muda dan ditutupi papilla kecil menurut Cleveland Clinic. Saat Anda menyikat gigi, ada baiknya menyikat lidah untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin ada di permukaan lidah.

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.