Cerita Nada Diajarkan Bahasa Bima

Tabloid Jatiswara SMP DH Padamara - Lombok Timur

Karya : Baiq Qatrunada Harianti
Juwiter SMP-DH. Pada tanggal 15 – 20 Desember 2015 di adakan JAMBORE DAERAH ( JAMDA ) di BUPER ( bumi perkemahan ) KARANG BAYAN yang bertempat di Narmada Lombok Barat. Saya BQ. QATRUN NADA HARIYANTI dan L. AGIL DWI DHARMA mewakili KWARAN SUKAMULIA untuk pergi mengikuti JAMDA tersebut.

Sebelum pergi ke Karang Bayan, kami melakukan latihan di Kantor Kwarcab. Kami melakukan latihan LKBB dan SCOUTING SKILL. SCOUTING SKILL kami adakan di Taman Rinjani yang di latih oleh Kanda Wahid. Setelah kami selesai latihan, kami kembali ke KWARCAB untuk bersiap siap untuk sholat Zuhur. Selesai sholat Zuhur kami kembali lagi ke KWARCAB untuk di beri informasi. Saat di beri informasi kami di tugaskan untuk membuat masing – masing kelompok yang beranggotakan 8 orang. Nama kelompok saya bernama EDELWEIS, kemlompok lain ada juga yg bernama BOUGENVIL , SAKURA ,MELATI ,kalau anggota yang laki – laki bernama PINGUIN , RAJAWALI , ELANG ,dll.
        Esok paginya kami berkumpul di KWARCAB karena hari itu kami berangkat ke BUPER KARANG BAYAN. Perjalanan kami sangat menyenangkan sekali, ada yang nyanyi, tidur dll. Terkadang ada juga yang merasa pusing. Beberapa jam kemudian kami sampai di BUPER dan langsung mendirikan tenda dan merapikan tas – tas kami, setelah merapikan tas kami langsung membuat rak sepatu dan membuat aliran air supaya kalau hujan airnya tidak memasuki tenda. Tenda cewek dengan cowok di pisah seperti pada kemah – kemah yang lain.Kami mengganti baju dengan memakai Pramuka Lengkap karena akan mengikuti Upacara Pembukaan JAMDA se – NTB.
        Malam – malam kami menonton acara PENSI ( pentas seni ) yang di tampilkan oleh KWARCAB Bima, KWARCAB LOTENG dan KWARCAB SUMBAWA . Esok harinya saya melakukan kegiatan WISATA, kami memakai pramuka lengkap,wisata yang kami tuju adalah Museum , Perpustakaan dan Islamic Centre. Pembimbimg wisata kami adalah seorang wanita yang bernama Kak Jul dari Kabupaten Bima , di perjalanan wisata kami di ajarkan Bhs. Bima oleh Kak Jul. Ada beberapa Bhs. Bima yang saya bisa seperti sai lautade artinya mbak, mau kemana , itu saja yang saya ingat. Setelah pulang wisata, kami sholat dan melakukan kegiatan.
        Kegiatan yang saya lakukan pada siang hari setalah wisata adalah Curve Tenda, dimana kami harus membersihkan, merapikan dan menjaga tenda sekaligus membantu para pembimbing kami untuk memasak makanan untuk makan siang. Kami yang bertugas Curve Tenda mengambil air di kolam yang sudah di sediakan untuk kebutuhan para peserta Buper. Setelah selesai kami Curve Tenda dan yang lain juga sudah selesai berkegiatan, dan langsung sholat, setelah sholat kami mengambil piring masing – masing dan mengambil lauk pauk yang sudah di sediakan. Kami belum bisa makan kalau ada teman kami yang masih belum ada di tenda, kalau semua teman tenda kami sudah ada baru bisa memulai makan siang dan di pimpin oleh pembina. Dan kalau kami sudah selesai makan, barulah yang cowok datang untuk makan siang juga.
        Malam harinya saya melakukan kegiatan PENSI yang di tampilkan oleh KWARCAB LOTIM , KWARCAB KOTA BIMA dan KWARAB KOTA MATARAM. Acara PENSI telah usai, kami kembali ke tenda dan sholat Isya, usai sholat Isya kami tidur. Esoknya, kami pergi ke Masjid untuk sholat Subuh dan juga mau mandi. Setelah sholat dan mandi kami menuju lapangan karena akan olahraga / senam, usai senam kami sarapan dan setelah itu melakukan kegiatan.
        Pada hari ketiga, kegiatan pagi saya adalah Tek. Amatir Radio dll yang di mulai dari jam 08.00 – 12.00. Usai kegiatan tersebut kami sholat dan langsung melakukan kegiatan SUB CAMP, kegiatan inilah yang saya senang karena kami akan naik FLYING FOX. Kegiatan malam saya akan tetap PENSI yang di tampilkan oleh KWARCAB DOMPU , KWARCAB KLU , KWARCAB KSB dan KWARCAB LOBAR.
     Pada hari keempat, saya melakukan kegiatan Budidaya Tanaman Buah dll, dan langsung sholat bila waktunya sudah tiba dan juga makan siang. Kegiatan siang saya adalah Penjelajahan, dimana penjelajahan ini kami akan melewati empat pos. Pos pertama kami diminta untuk memecahkan SANDI, dan di pos kedua kami melakukan tugas dimana bila ada teman kami sedang pingsan, bagaimana kalian mengatasinya.
            Di pos ketiga kami melakukan Taksir Ukur, kami di minta untuk mengukur pohon dan saya masih mengingat cara yang pernah di ajari oleh pelatih saya di sekolah, dan saya pun mengukur pohon tersebut. Pos keempat adalah SURVIVAL, kami diminta untuk bagaimanakah cara kita agar bertahan hudup di sebuah hutan. Dari semua pos yang ada, kami bisa melewatinya dengan baik, walaupun ada sedikit masalah / kesulitan dalam menjalankannya. Pulang – pulang penjelajahan, kami langsung bergegas ke Masjid untuk sholat sekaligus mandi karena keringetan, walaupun rute yang kami lewati tidak terlau jauh. Dan melakukan kegiatan SUB CAMP, inilah kegiatan yang paling saya senangi karena bermain / naik Flying Fox. Malamnya, kami menonton PENSI yang di tampilkan oleh KWARCAB DOMPU , KWARCAB KLU , KWARCAB KSB dan KWARCAB LOBAR. Mereka seharusnya tampil malam kemarin tapi karena hujan turun lebat sekali dan juga mati lampu.
        Pada hari kelima, hari terakhir. Kegiatan pagi saya Curve Tenda dan siangnya adalah Go Green dll dan malamnya semua peserta JAMDA diharap berkumpul di lapangan karena akan melakukan Upacara Penutupan JAMBORE DAERAH dan Api Unggun.
      Keesokan harinya, kami membongkar tenda dan membersihkan sampah – sampah yang berserakan di wilayah tenda kami. Kami bersalaman dengan KWARCAB SUMBAWA yang berada di samping tenda kami dan kami juga bersalaman dengan KWARCAB BIMA yang berada tepat di depan tenda kami.
    Itulah Pengalaman Yang saya rasakan ketika melakukan PESTANYA PARA PENGGALANG yang lebih di kenal dengan JAMBORE DAERAH..