Cari Di Blog Ini

Tuesday, October 20, 2015

Wisata Bukit Jamur Ciwidey, Berkah Investasi Pelestarian Alam

Bukit Jamur Ciwidey Bandung, lestari sangat tempat ini. Sehingga bisa dikatakan sebagai berkah investasi pelestarian alam yang dilakukan oleh para pencinta alam di masa lalu. dari berbagai sumber sebenarnya tempat ini bukanlah merupakan bukit berdasarkan pengertian bukit. Namun merupakan sebuah taman yang banyak ditumbuhi oleh pohon cemara yang pendek dan bentuknya sangat unik, yaitu menyerupai sebuah jamur payung.

Disebut sebagai Bukit Jamur, karena letak taman ini berada pada dataran tinggi Ciwidey dan bentuknya tidak datar atau berbentuk setengah bola. Maka dari itu, warga setempat dan traveler yang datang ke tempat ini menyebutnya sebagai Bukit Jamur Ciwidey.

Dalam hal pelestarian alam, Pemerintah dan masyarakat adalah pondasi dasar untuk mewujudkannya. Ciri Khas dari dalam upaya pelestarian alam adalah bisa konsisten dan terus menerus dalam memelihara tumbuhan,satwa dan ekosistem,yang perkembanganya dan digunakan untuk membudayakan flora dan fauna yang punah.

Dimasa depan sebagai mana Bukit Jamur bisa di manfaatkan objek wisata, sebagai ilmu pegetahuan dan budaya Indonesia yang harus dipertahankan. Peran serta masyarakat sangat membantu dalam keberhasilan pelestarian alam degan upaya membatasi atau bahkan menghentikan kegiatan penebagan hutan-hutan yang semakin gundul, menghentikan pengambilan hewan langka, di hutan-hutan.

Jika sebuah lingkugan alam semesta ini rusak, akan berdampak pada diri kita sendiri. Dalam kerusakan lingkungan yang terjadi oleh ulah dan akibat tangan manusia yang tidak bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan dan dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di bumi raya ini.

Dalam artikel Geografi menjelaskan bahwa Upaya pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan lingkungan hidup, yaitu Undang- Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Undang-undang tersebut kemudian dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1999 mengenai Analisis Dampak Lingkungan, PP No. 19 Tahun 1999 mengenai Pengendalian Pencemaran Danau atau Perusakan Laut, dan Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, serta Undang Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.



Adapun inti dari peraturan-peraturan tersebut adalah bagaimana manusia dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya lingkungan secara arif dan bijaksana tanpa harus merusaknya. Apabila ada penduduk baik secara individu maupun kelompok melanggar aturan tersebut maka sudah sepantasnya dikenai sanksi yang setimpal tanpa memandang status. Di lain pihak, masyarakat hendaknya mendukung program-program pemerintah yang berkaitan dengan upaya pelestarian lingkungan.


Selain upaya pemerintah mengkampanyekan pelestarian alam dalam kehidupan dan turun langsung dalam masyarakat, pemerintah bisa melakukan kampanye dalam media massa seperti mengkampanyekan dalam iklan, acar kampanye penghijauan. Dan pamflet – pamfletatau selebaran dibagikan ke masyarakat. Semakin banyak cara pemerintah dalam mengambil hati masyarakatnya akan semakin terlaksananya suatu program yang merupakan suatu keuntugan bagi seluruh isi jagat raya ini. Termasuk jika alam semeta ini hijau dan tidah gersang. Masyarakat akan merasa nyaman dalam melakukan aktifitas.

Maka dari itu kita sukseskan acara atau program-program pemrintah yang merupakan suatu keuntugan bagi masyarakatnya sendiri seprti upaya penghijauan atau pelestarian alam kita. Dan yang terpenting adalah manusia harus menjaga dan melestarikan alam agar tidak terjadi berbagai masalah dan bencana alam.

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey Contohnya


Untuk bisa tiba di Bukit Jamur Rancabolang ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun disarankan agar menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu karena saat ini akses jalan menuju Desa Rancabolang sedang diperbaiki, sehingga di beberapa titik masih terdapat jalanan berbatu dan rusak parah.

Patokan yang paling mudah untuk mengunjungi tempat ini adalah dengan menuju kawasan Geodipa Energi atau kawasan Kebun Teh Rancabolang milik PTPN VIII yang berada di Ciwidey. Berikut adalah rute tercepat jika bertolak dari Kota Bandung : Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Margahayu – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Baru Tunggul – Dusun Keneng – Desa Rancabolang.

Untuk bisa masuk ke kawasan Desa Rancabolang, patokan yang paling mudah adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Ciwidey. Belokan menuju arah Desa Rancabolang berada sesudah Alfamart dan di arah kiri sebelum Kolam Renang The Valley Resort. Jadi Saat ketika kamu telah melewati kawasan Kolam Renang The Valley Resort, maka kamu jangan meneruskan perjalanan, tapi berbalik arah dan menuju Desa Rancabolang.

Dari belokan tersebut kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Baru Tunggul. Setelah berada di Baru Tunggul kembali arahkan kendaraan menuju Desa Rancabolang, Dan Bukit Jamur Rancabolang ini berada setelah melewati pertigaan PLTU. Geodipa Energi.

Gimana tertarik untuk melihat keunikan dari pohon cemara yang berbentuk jamur dan anti mainstream ini? Yuk siapkan properti foto dan ajak temanmu agar petualangannya semakin menyenangkan.Pelestarian alam adalah upaya dalam melindungi alam jagat raya dan segala isinya.Dalam pelestarian alam terdapat sebuah komponen keberhasilan seperti adanya pengaruh dan dukugan dari pemerintah dan masyarakat. Karena sebuah keberhasilan pelestarian alam itu merupakan tanggung jawab pemerintah sebagai pengatur dan masyarakat untuk membantu dalam mensukseskan acara –acara pelestarian alam tersebut.

Sumber
Kompasiana, Nurul Apriani
Sejarah dan Rute Bukit Jamur. www.tempatwisataindonesia.id

Extra Ads