Mengelola Majalah Dinding sebagai Media Informasi dan Motivasi Kreativitas Siswa - SENYUM MEREKA

Mengelola Majalah Dinding sebagai Media Informasi dan Motivasi Kreativitas Siswa



Kreasi SMP Jabal Hikmah
Majalah Dinding semua tau, apalagi siswa yang kreatif, senang menulis dan memiliki tingkat imajinasi yang membawanya selalu puas ketika berhasil melahirkan sebuah karya.

Majalah Dinding menurut para ahli adalah salah satu jenis media atau sarana penyampaian informasi dan penyaluran minat, potensi dan bakat yang dikerjakan atau dikelola oleh kelompok tertentu untuk tujuan tertentu, dengan menejemen terstruktur serta untuk komunitas tertentu. Jika lokasinya di sekolah maka dikelola oleh siswa bersama pembinaan guru.

Mading sesungguhnya tidak hanya ada di sekolah saja, ada juga di halaman Masjid, halaman Kantor Dinas atau Pelayanan masyarakat dan lokasi-lokasi yang biasanya membutuhkan media informasi terkini terkait pelayanan. Khusus untuk Mading yang ada di Sekolah, sangat erat kaitanya dengan wadah penyaluran minat, bakat dan kompetensi siswa dalam berkreasi.
Secara khusus Wawan Agustina, seorang blogger dan juga sarjana sastra dan sumber lainnya sepakat bahwa Mading Sekolah sangat penting dan sangat berperan, diantaranya untuk mengasah kemampuan siswa dalam berintraksi, berorganisasi, dan Pro Pendidikan Karakter (Pendikar). Bisa juga untuk melatih kedisiplinan, karena pola yang dikembangkan harus bekerja sesuai edisi terbit. Selain itu, siswa bisa belajar untuk lebih produktif dalam mencari ide-ide baru untuk tema, bahan dan tampilan Mading. Siswa juga akan terlatih bertanggungjawab terhadap tugas yang harus dikerjakan.

Majalah Dinding juga akan melatih kerjasama tim, dan tuntutan pendidikan karakter lainya. Mading akan hidup dan indah apabila di kelola dengan baik. Memiliki pengurus tetap, termenejemen dan mendapatkan perhatian khusus dari Pembina yang ditunjuk Kepala Sekolah sehingga penerbitan hasil karya siswa bisa berkesinambungan. Ketika itu mampu dilakukan maka fungsi Majalah Dinding bisa sebagai Media Informasi dan Motivasi Kreativitas Siswa.

Siswa yang membaca juga akan terinspirasi dengan temannya yang berkarya sehingga manfaat selanjutnya adalah pendidikan remaja sebaya secara otodidak mampu di dedikasikan melalui peran Majalah Dinding. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan mendukung Majalah Dinding bisa berperan sebagai Media Informasi dan Motivasi Kreatifitas Siswa. ( Baca : Menejemen Organisasi dan Menejemen Redaksional Majalah Dinding )

Powered by Blogger.