Tidak ada yang Bodoh Selama Keinginan Belajar Masih Ada - SENYUM MEREKA

Adiwiyata

Tidak ada yang Bodoh Selama Keinginan Belajar Masih Ada



Kalimat ini disampaikan Baiq Mutiara Astagina, duta peserta LDK OSIS yang diselenggarakan Dinas Dikpora NTB. Selain Mutiara Astagina, Ada juga mutiara kalimat, tercetus dari Siswa SMPN 2 Keruak dan Siswa SMPN 1 Masbagik. Berikut Kutipanya.  

SMPN 1 Terara. Juwiter. Baiq Mutiara Astagina, adalah siswa SMPN 1 Terara. Sedangkan Peserta dari SMPN1 Masbagik - Yogi Setiawan, berikut Baiq Heny Salim Alawiyah asal SMPN 2 Keruak. Mereka diantara 8 Perwakilan Pengurus OSIS yang diutus mengikuti Latihan dan Pendidikan Dasar Kepemimpinan (LDK) dari setiap Kabupaten yang digelar Dinas Dikpora Provinsi NTB.  Mereka yang mewakili sekolahnya tentu saja merupakan siswa pilihan yang tergabung dalam kepengurusan OSIS di Sekolah mereka masing-masing.  
Mengenal aktivis remaja sebaya ini tidak terlepas dari peran Kasi Kurikulm Dikdas Dikpora, H.L. Muh. Nursalim, S.Pd,.M.Si. Sebelum berangkat Duta pengurus OSIS ini dibekali
bagaimana menulis hasil kegiatan, dan diantara hasilnya termuat dalam Rubrik Jitu pada Tabloid Terakota Edisi ini. Yang pertama kali mengirim tulisannya adalah Baiq Mutiara Astagina sedangkan yang lain masih dalam proses. Lebih jauh mengenal Gina, pangilan siswi yang juga menjadi Tim Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) ini adalah remaja putri yang aktif berorganisasi, satu antara wadah yang diikutinya adalah Himpunan Remaja Putri desa Suradadi
.
 “Organisasi ; aktif di Himpunan Remaja Putri Desa Suradadi, kalau di Sekolah saya ikut di PMR dan Pramuka,” terang Putri Cantik kelahiran 28 April 2001 ini. Aktivitas Berorganisasi tidak membuat prestasi putri dari L. Nasrin Muhtar, S.Ag dan Baiq Siti Hajar, S. Ag ini terbengkalai. Buktinya, Gina selalu menjadi Juara dari Sekolah Dasar sampai sekarang di bangku kelas IX SMP. “Dalam meraih prestasi, saya banyak termotivasi oleh orang-orang terdekat saya,”kata siswi cantik yang senang dengan belajar langsung praktik itu. Kepada teman sebayanya, sesame pelajar dirinya berpesan, seorang pelajar itu harus belajar memahami, harus berani mencoba, berani mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, “ karena disitulah, kita mampu membuktikan bahwa kita semua BISA,” demikian Mutiara Astagina.

Menghargai Pendapat Orang dan Jangan Menyerah

Tidak jauh berbeda dengan Baiq Heny Salim Alawiyah, peserta diklat asal SMPN 2 Keruak.  Baiq Mutiara tak pernah luput dari juara, Baiq Heny-pun demikian. Lengkapnya terkait Baiq Heny adalah siswi yang memiliki kelebihan dalam hal menerima kepercayaan teman-teman mereka, karena meskipun Heny perempuan, Heny dipercayakan menjadi ketua kelas. “saya ketua kelas, saya juga aktif di Pramuka,” kata Heny. 
Sisi lain dari Heny adalah kepribadianya. Putri ke-3 dari 4 bersaudara terlihat pendiam dan tidak terlalu banyak bertanya, sesuai dengan apa yang dituliskannya dalam pesannya untuk diri sendiri dan teman sebaya mereka, dikatakannya, “harus berusaha menjadi anak yang berbhakti kepada orang tua dan guru, serta cerdas di bidang pelajaran,”urainya singkat. Terkait Diklat yang diikuti, hal yang paling berkesan pada diri Heny adalah acara pameran, sedangkan pelajaran yang bisa didapatkan dari LDK OSIS di Hotel Fave adalah berusaha menghargai pendapat orang dan mampu memecahkan masalah, demikian Heny.
Siswa lainnya yang ikut adalah Yogi Setiawan. Cowok cakep yang mengaku akrab dipangil Yogi ini melahirkan kesan pantang menyerah, karena diceritakannya, pihaknya pernah mengikuti Lomba baca puisi, namun dirinya belum berkesempatan meraih juara, “tapi saya tetap semangat dan terus belajar,”urainya melalui SMS. Dari sisi nilai kepemimpinan, Yogi berpesan jangan mudah putus asa, kita harus percaya diri agar bisa menjadi pemimpin masa depan, ujarnya sembari mengucapkan terimakasih kepada orang tua, guru dan semua yang telah membuatnya termotivasi.  
Semoga apa yang kalian pelajari, pikirkan dan kerjakan dapat bermanfaat untuk diri kalian, keluarga dan masyarakat luas. Sementara itu, peserta lainnya dari SMPN 1 Sakra - L. Egi Hizbul Whatan, SMPN 1 Sikur – M. Wiranata Akbar, SMPN 1 Labuan Haji – Nila Ardina, SMPN 1 Selong – Baiq Annisa Fuaddilah WP dan SMPN 1 Aik Mel - Adi Kamtani Azis, semoga segera melaksanakan tugas yang sudah disepakati. Segera.
Powered by Blogger.