Jaga Alam Jaga Jiwa untuk Pariwisata Lombok Timur - SENYUM MEREKA

Jaga Alam Jaga Jiwa untuk Pariwisata Lombok Timur

Pantai PINK. Wikipedia
Pariwisata PANORAMA PANTAI

Pantai PINK

Pantai Pink dulu hanya padat pengunjung apabila musim madak. Tapi sekarang sudah menjadi prioritas tujuan wisata, apalagi jika wisatawan sudah kedung sampai di wilayah selatan Lombok Timur. Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. Wikipedia menyebut Pantai Pink adalah destinasi wisatawan yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.
Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut. Pantai ini begitu tenang dan hanya memiliki ombak yang kecil sehingga membuat wisatawan lebih nyaman ketika bermain disana. Keindahan Pantai Pink pun terlihat sempurna dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Di sisi kiri ada bukit dengan padang rumput yang luas dan dari bukit inilah pemandangan Pantai Pink terlihat sangat indah. Selain itu, ada juga tanjung yang eksotis di sisi kanan dengan gazebo yang memang disediakan di atasnya.

Letaknya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota membuat pantai ini terjaga keindahannya. Infrastruktur yang tidak memadai membuat anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota dan ketika anda sampai di sana jangan harap akan menemukan warung atau penginapan. Oleh karena itu, disarankan anda membawa makanan dari kota dan kembali ke kota untuk menginap.

Laman Lombokbulanmadu menyebutkan Wisatawan yang datang ke Pantai Pink dapat melakukan banyak kegiatan, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan air seperti snorkeling, memancing, dan menyelam. Untuk snorkeling wisatawan harus membawa perlengkapan sendiri, karena tidak ada yang menyewakan peralatan. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang berjarak hanya 2 km dari tepi pantai dan tidak jauh dari sekitaran pantai, wisatawan dapat menjelajahi goa peninggalan Jepang.

Terkait akomodasi Wisatawan tidak akan menemukan fasilitas lengkap dan super mewah seperti pantai pada umumnya. Anda hanya akan menemukan nelayan yang menawarkan perahu untuk mengelilingi pulau kecil dan beberapa orang yang menawarkan aneka minuman dan tidak ada penginapan. Oleh karena itu, disarankan agar segera pada sore hari untuk kembali ke penginapan.

Keindahan Ala mini mari kita pelihara jangan sampai kita nodai dengan maksiat dan tindakan jahat. Keberadaannya kita gunakan sebagai media mengingat maha besar Allah atas segala ciptaannya.

Tanjung RINGGIT

Tanjung Ringgit  terletak di pantai timur Lombok Timur. Kawasan di sekitarnya merupakan hutan lindung Tanjung Ringgit memiliki pantai pasir putih dan tebing yang di dalamnya terdapat gua yang konon digunakan tentara Jepang pada Perang Dunia II. Tanjung Ringgit dapat dicapai dengan kendaraan selama 2½ jam dari Selong Lombok Timur NTB Indonesia. Dari segi Administratif Tanjung Ringgit ada juga yang menyebutnya Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai yang terletak wilayah desa Pengkong Kecamatan Lombok Timur.

https://wisatanusatenggara.wordpress.com menyebut Tanjung Ringgit  merupakan kawasan pantai berdataran tinggi / bukit dengan topografi berupa tebing-tebing curam. Tanjung Cina menyuguhkan pemandangan pantai dengan nuansa lain, karena dari lokasi ini dapat dilihat panorama Samudera Indonesia atau dikenal dengan Samudra Hindia.Dari ketinggian topografi bukit karang yang dimiliki .Tebing-tebing ini merupakan pemandangan alam yang menarik untuk dinikmati, disamping karena strukturnya yang eksotik sebagai hasil bentukan alam, tetapi juga tektur batuannya penyusunnya memiliki gradasi warna yang menarik.

Selain panorama alamnya , kawasan Tanjung Ringgit, Tanjung Perak dan Tanjung Cina ini memiliki obyek lain yang dapat dijadikan tujuan wisata. Disekitar Tanjung Ringgit terdapat rangkaian Goa-goa peninggalan jaman Jepang, sebagai jejak pendaratan Jepang Dalam Perang Dunia II sekitar tahun 1942. Pada waktu itu Jepang mendarat di Wilayah Pemongkong Tanjung Ringgit dan menguasai daerah sekitarnya, untuk menghadapi serangan sekutu,tentara jepang membangun jalur bawah tanah dan goa-goa disekitar wilayah tersebut sebagai pertahanan, yang sampai saat ini jalur bawah tanah dan goa tersebut masih ada, dan dikenal dengan nama Goa Jepang/Tangsi.

Selain goa Jepang ada juga peninggalan bersejarah lainya yaitu Meriam Jepang, meriam ini juga merupakan jejak Perang Dunia II yang diletakkan menghadap ke samudera Hindia yang ditujukan untuk menyerang tentara-tentara sekutu yang akan masuk ke daerah tersebut. Meriam Jepang ini memiliki panjang 5 meter, dengan diameter luar 27cm, diameter dalam 16cm dan keliling belakang 50 cm. Keindahan Alam ini mari kita pelihara jangan sampai kita nodai dengan maksiat dan tindakan jahat. Keberadaannya kita gunakan sebagai media mengingat maha besar Allah atas segala ciptaannya.



Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan paling padat merayap pada musim bau nyale. Setelah musim itu terlewati maka sepi mimit marak unin dengan sasak Lombok NTB Indonesia. Maka laman http://id.lombokindonesia.org menulisnya kesunyian, hal tersebut yang akan menyambut Anda saat tiba di area Pantai Kaliantan. Tak banyak yang berkunjung ke pantai terpencil ini. Suasananya yang hening dan keindahan alamnya yang masih alami dan bersih menyuguhkan pada Anda area pantai yang juga menyejukkan jiwa.

Pantai ini merupakan salah satu kawasan wisata dibagian selatan Lombok Timur tepatnya di wilayah Kecamatan Jerowaru. Pantai Kaliantan dapat ditempuh melalui route perjalanan dari Kota Selong ke arah selatan menuju  menuju kecamatan Keruak Lombok Timur. Jika dari arah mataram. Kecamatan Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemongkong – Kaliantan dengan tambahan waktu tempuh kurang lebih satu jam. InsyaAllah tidak ada macet. Kecuali jika ada Nyongkolan.

Waktu tempuh untuk mencapai pantai Kaliantan dari pusat Kecamatan Jerowaru sekitar 30 menit dengan jarak tempuh ± 23 km, dan dari Bandara 2,5 jam dengan jarak tempuh ± 92 km. Selain daya tarik panorama alam pantai Kaliantan maka salah satu Atraksi Wisata yang dimiliki Pantai Kaliantan adalah adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara Bau Nyale. Bau Nyale merupakan pesta rakyat untuk menangkap hewan laut berupa/sejenis cacing laut.

Acara ini berlangsung antara bulan Februari – Maret dimana hampir sebagian penduduk pulau Lombok datang ke pantai ini untuk mengikuti berbagi rangkaian acara yang diselenggarakan oleh sebagian sebagian masyarakat Lombok, Nyale atau hewan laut sejenis cacing ini menurut kepercayaan sebagian masyarakat sekitar memiliki khasiat dan dapat membawa berkah, misalnya akan dapat mengusir berbagai macam penyakit/hama tanaman yang ada di ladang, sehingga dipercaya dapat meningkatkan hasil pertanian. Acara Bau Nyale merupakan daya tarik yang dapat dijadikan satu paket wisata andalan bagi kawasan wisata ini.

Daya tarik wisata lain dari Pantai Kaliantan ini adalah kondisi fisik kawasan pantai yang memiliki ciri khas antara lain : Jenis matrial pasir yang butiran dan teksture warnanya menyerupai merica, serta terumbu karang yang masih menampakkan kelestariaanya sehingga menjadi obyek bagi kegiatan Snorkling dan gelombang laut yang cukup memadai untuk kegiatan Surfing.

Selain itu Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat disekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan Utara. Lokasi Tanjung Bloam ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat sampai ke lokasi tujuan. Tanjung Bloam dapat ditempuh melalui route yang sama dengan Pantai Kaliantan, karena jaraknya relatif dekat dari Pantai Kaliantan. Keindahan Alam ini mari kita pelihara jangan sampai kita nodai dengan maksiat dan tindakan jahat. Keberadaannya kita gunakan sebagai media mengingat maha besar Allah atas segala ciptaannya. Sumber utama .http://id.lombokindonesia.org

Pantai Ekas Lombok Timur

Pantai Ekas merupakan salah satu Kawasan Pantai dengan kondisi pantai berupa Teluk. Kondisi pantai kawasan ini merupakan pantai yang berpasir putih terhampar luas dengan ombak kecil. Kawasan ini juga merupakan kawasan yang sebagian lokasinya merupakan kawasan hunian nelayan (Kampung Nelayan).Potensi yang dapat dikembangkan adalah kegiatan wisata alam/pantai dengan aktifitas wisata seperti penyelaman dangkal (Diving) dan menikmati panorama pantai dengan seluruh aktivitas yang ada. Fasilitas pendukung yang dapat dikembangkan dikawasan ini terutama adalah akomodasi wisata serta fasilitas dan utilitas pendukung lainnya seperti prasarana jalan, perdagangan dan komunikasi.

Faktor-faktor pendukung yang menjadikan kawasan ini memiliki nilai tambah adalah dengan dimilikinya keaneka ragaman ekosistem pantai, dan topografinya yang landai memberikan kesan lapang dan panorama yang indah untuk menikmati saat matahari terbit (Sun Rise) dan matahari terbenam (Sun Set).

Kawasan Wisata pantai Teluk Ekas terletak pada ujung selatan Lombok Timur terletak di Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kab. Lombok Timur. Jarak tempuh kurang lebih selama 15 menit dari pusat Kota Kecamatan ke arah selatan dan kira-kira dari bandara Selaparang berjarak tempuh 2 jam dengan jarak tempuh ± 80 km. Teluk Ekas merupakan kawasan yang berada dalam satu jalur dengan wisata pantai Surga, Pantai Kaliantan, dan Pantai Cemara. Keindahan Alam ini mari kita pelihara jangan sampai kita nodai dengan maksiat dan tindakan jahat. Keberadaannya kita gunakan sebagai media mengingat maha besar Allah atas segala ciptaannya. Sumber utama .http://id.lombokindonesia.org
Pantai Surga

Dari kota Selong Lombok Timur NTB, berjarak sekitar 50 km. Pantai Surga berada di wilayah Lombok Timur bagian selatan tepatnya di Kecamatan Jerowaru. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan pantainya yang bersih dan berpasir putih, maka tidak heran pantai ini dinamakan pantai surga. Bagi yang menyukai olahraga Surfing pantai ini adalah salah satu pilihannya.

Selain pantai surga masih ada sejumlah pantai di Wilayah selatan yang sangat indah, seperti pantai heaven on planet, pantai kaliantan, cemara, Teluk Ekas dengan daya tarik budidaya perikanan lautnya, disebut sebagai kawasan Gili indah. Sumber utama. Keindahan Alam ini mari kita pelihara jangan sampai kita nodai dengan maksiat dan tindakan jahat. Keberadaannya kita gunakan sebagai media mengingat maha besar Allah atas segala ciptaannya..http://id.lombokindonesia.org

Gili Bagek Gili Kondo

Dari kota Selong Lombok Timur NTB, Gili bagek/ Gili Kondo bisa di tempuh dengan jarak sekitar 50 Km. Gili ini merupakan Pulau kecil yang terletak di Perairan Kecamatan Sambelia. Bisa dikunjungi melalui pantai transat di Kecamatan Sambelia (sekitar 25 menit) dan pelabuhan Kayangan Labuhan Lombok (sekitar 45 menit). Meski di pantai transat pasirnya berwarna hitam namun di gili lampu dan beberapa gili di sekitarnya berpasir putih.

Gili ini tidak berpenghuni, kita bisa menikmati alam bawah laut dengan snorkeling. Selain gili bagek, ada pula gili petagan dan gili-gili lainnya yang berada di sekitar kawasan tersebut. Untuk pengembangan pulau-pulau kecil ini sesuai dengan tata ruang wilayah Provinsi NTB tidak ada pembangunan fisik di Pulau itu, namun hanya menjadi tempat tujuan wisata. Sumber utama .http://id.lombokindonesia.org

Gili Sulat

Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Pulau yang memiliki panjang maksimum 5,2 km ini secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gililawang. Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism) karena memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman bawah laut yang sangat indah.Keseluruhan kedua gili ini terdiri dari hutan bakau namun sebenarnya ada juga sebagian kecil yang merupakan pasir putih, dan pada musim tertentu kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini. Sumber utama .http://id.lombokindonesia.org


Pariwisata,  Sumber Pustaka

Terimakasih Sahabat Online : https://wisatanusatenggara.wordpress.com http://lombokbulanmadu.com . http://id.lombokindonesia.org
Powered by Blogger.