Kasi Kurikulum Bimbing OSIS Menulis Hasil LDK - SENYUM MEREKA

Kasi Kurikulum Bimbing OSIS Menulis Hasil LDK



Kepala Seksi Kurikulum Dikdas Dikpora Lombok Timur, terjun langsung membina 8 Perwakilan Pengurus OSIS yang diutus mengikuti Latihan dan Pendidikan Dasar Kepemimpinan (LDK), “Agar tidak terperangkap di kamar hotel dan memiliki karya nyata terkait hasil Diklat,” arah H.L. Muh. Nursalim

OSIS, Mitra JuwitAksi. Dalam keberangkatan 8 duta ini, sebenarnya mereka di bina untuk mandiri sekaligus sebagai Latihan Kepemimpinan di luar materi yang akan diberikan melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang digelar Dinas Dikpora Provinsi NTB. Keberangkatan mereka tidak didampingi orang tua, dan juga guru pendamping. Mereka hanya difasilitasi mobil operasional dan bekal/anggaran selama LDK, di Hotel Fave, Mataram 21 – 24 Juni 2015 lalu.

Berangkat bersama dari SMPN 1 Selong, sebelumnya mereka diberikan pengarahan, langsung dari Dinas Pendidikan Pemudadan Olahraga (Dikpora) Lombok Timur, dalam hal ini Kasi Kurikulum Dikdas Dikpora, H. L. Muh. Nursalim, S.Pd,.M.Si. “Walau mereka terdiri dari 8 orang, mereka harus dihargai, karena bisa memiliki pengaruh untuk teman segenarsi mereka, dan banyak orang, mereka calon pemimpin, sehingga mereka penting diberikan pengarahan,”papar H. Nursalim.

Bertempat di Mushalla SMPN 1 Selong, usai shalat dzuhur berjamaah, mereka yang seharusnya berjumlah 8 orang, yang hadir hanya 6 orang, satu sudah berangkat lebih dulu dan kabarnya sudah sampai Mataram. Satunya lagi belum datang. Sembari menunggu, mereka duduk melingkar bersama Kasi Kurikulum di depan mereka. “Ada yang pernah atau punya pengalaman nginap di hotel?,” Tanya H. Nursalim. Siswapun tersenyum sambil saling melirik meskipun mereka mungkin saja baru saling mengenal.

Pengarahan tentang hotel dipaparkan karena H. Nursalim khawatir diantara mereka ada yang belum mengetahui bagaimana service atau layanan di hotel terutama ketika meninggalkan ruangan/kamar tidur, ataupun ketika jadwal makan. “Tidak ada masalah, hanya perlu kalian tau, biar tidak kesulitan dan menggangu aktivitas LDK kalian disana, karena beberapa hal terkait yang belum dipahami,”arah H. Nursalim usai panjang lebar menjelaskan prihal Hotel Fave, lokasi mereka mengikuti LDK.
Hal terpenting terkait LDK, agar kegiatannya bisa lebih bermanfaat, mereka diarahkan menulis hasil kegiatannya, dalam bentuk berita. 

Selama mereka disana, diharapkan Kasi Kurikulum agar mereka menyimak, meliput, dan menulis hasil kegiatan. “Agar kegiatan kalian lebih konsentrasi dan fokus pikiran benar-benar tertuju pada tujuan LDK,”harap Kasi Kurikulum. Mereka pun dibagi menjadi dua kelompok. Putri dan Putra, yang kemudian dipilih pimpinan dari mereka khusus untuk tugas Jurnalistik. Baiq Mutiara Astagina dari SMP 1 Terara memimpin putri, dan Putra dipimpin Yogi Setiawan dari SMPN 1 Masbagik.  Menjelang keberangkatan, mereka dibagikan Note Book Khusus untuk tugas Jurnalistik. Satu diantara hasil binaan menulis tersebut, bisa dibaca di Tabloid Terakota Edisi ini, hasil karya Jurnalistik atas nama Baiq Mutiara Astagina.        
Powered by Blogger.