Contoh Pelayanan Kesehatan di Sekolah

INSPIRASI, Juwiter...!!! Pelayanan kesehatan di sekolah adalah upaya peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), pengobatan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif) yang dilaku­kan kepada siswa dan lingkungannya.

Adapun tujuan dari pelayanan kesehatan adalah :

  • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan hidup sehat dalam rangka membentuk perilaku hidup sehat.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh siswa terhadap penyakit dan mencegah terjadinya penyakit, kelainan, dan cacat.
  • Menghentikan proses penyakit dan pencegahan komplikasi akibat penyakit, kelainan, pengem­ba­lian fungsi dan peningkatan kemam­puan sis­wa yang cedera/cacat agar dapat berfungsi secara optimal.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan terkait pelayanan kesehatan sekolah, antara lain meliputi:
  • Peningkatan kesehatan (promotif) dilaksanakan melalui kegiatan penyuluhan kesehatan dan latihan keterampilan.
  • Pencegahan (preventif) dilaksanakan melalui kegiatan peningkatan daya tahan tubuh, ke­giatan pemutusan mata rantai penularan penya­kit dan kegiatan penghentian proses penyakit pada tahap dini sebelum timbul penyakit.
  • Penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan reha­bilitatif) dilakukan melalui kegiatan men­ce­gah komplikasi dan kecacatan akibat proses penya­kit atau untuk meningkatkan kemampuan siswa yang cedera/cacat agar dapat berfungsi optimal.

Untuk memaksimalkan kegiatan pelayanan kese­hatan diperlukan pendekatan dan metode yang tepat, strategis, efektif, dan efisien. Untuk pende­katan pelayanan kesehatan dapat dikelom­pokan menjadi tiga pendekatan, yakni:
  • Pendekatan yang ditujukan untuk menyele­saikan atau mengurangi masalah perorangan, antara lain pencarian, pemeriksaan, dan pengobatan penderita.
  • Pendekatan yang ditujukan untuk menyele­saikan atau mengurangi masalah lingkungan di sekolah, khususnya masalah lingkungan yang tidak mendukung tercapainya derajat kesehatan optimal.
  • Pendekatan yang ditujukan untuk membentuk perilaku hidup sehat masyarakat sekolah.
Sedangkan, untuk metode pelayanan kesehatan, setidaknya ada 5 (lima) metode yang dapat digunakan, yakni:
  • Penataran/pelatihan
  • Bimbingan kesehatan dan bimbingan khusus (konseling)
  • Penyuluhan kesehatan
  • Pemeriksaan langsung
  •  Pengamatan (observasi).

Tahapan Mewujudkan Sekolah Sehat


Untuk menciptakan atau mewujudkan sekolah sehat, aman, ramah anak dan menyenangkan perlu dilaksanakan tahapan-tahapan yang meliputi persiapan, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan, berikut penjelasannya

1) Persiapan Mewujudkan Sekolah Sehat
  • Melakukan konsultasi dengan siswa untuk memetakan pemenuhan hak-hak, kebutuhan siswa, dan menyusun rekomendasi;
  • Kepala sekolah, komite sekolah, orang tua/wali, dan siswa berkomitmen untuk mengembangkan sekolah sehat, aman ramah anak, dan menye­nang­kan. Komitmen ini bentuk kebijakan sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan;
  • Kepala sekolah bersama komite sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, serta siswa  mem­bentuk Tim Pengembangan sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan;
  • Tim ini bertugas untuk mengoordinasikan berbagai upaya pengembangan menuju sekolah sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan; meliputi sosialisasi pentingnya sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan; menyusun dan melaksanakan rencana; memantau proses pengembangan; dan evaluasi;
  • Tim Pengembangan mengidentifikasi potensi, kapasitas, kerentanan, dan ancaman di sekolah untuk mengembangkan sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan;


2) Perencanaan Sekolah Sehat


Tim Pengembangan menyusun rencana aksi tahunan untuk mewujudkan sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan yang terintegrasi dalam kebijakan, program, dan kegiatan yang sudah ada, seperti Usaha Kesehatan Sekolah, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Aman Bencana, Rute Aman Selamat Sekolah, dan lainnya sebagai komponen penting dalam perencanaan pengembangan sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan.


3) Pelaksanaan Mewujudkan Sekolah Sehat

Tim Pengembangan melaksanakan rencana aksi tahunan dengan mengoptimalkan  semua  sumber daya peme­rintah,  masyarakat, serta dunia industri dan usaha.


4) Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan Sekolah Sehat

Tim Pengembangan melaksanakan pemantauan dan evaluasi atas rencana aksi gerakan sekolah sehat, aman, ramah anak, dan menyenangkan, selanjutnya melakukan pelaporan hasil evaluasi dalam rapat kerja yang dihadiri tim pengembangkan dan warga sekolah lainnya.