Serunya Out Bound “JUAL BELI” Materi Pelajaran - SENYUM MEREKA

Adiwiyata

Serunya Out Bound “JUAL BELI” Materi Pelajaran

Oleh ; Baiq Mutiara Astagina, Siswa Kelas IX SMPN 1 Terara
BQ.MUTIARA ASTAGINA,dkk

SMPN 1 Terara. JUWITA. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Bagi Siswa SMP yang diikuti oleh pengurus OSIS sebanyak 80 orang masing masing dari kontingen Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara, Kota Mataram, Sumbawa, Dompu, Kota Bima, Kab. Bima. Sedangkan Perwakilan dari KabupatenSumbawa Besar tidak ikut dalam kegiatan tersebut.

Acara dilaksanakan tanggal 21 s.d 24 Juni 2015 di Hotel Fave, Jl. Langko Nomor 21-23 Mataram. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa dan kemandirisn siswa dalam menempuh proses belajar. Selama acara berlangsung, materi disampaikan oleh Bapak Syamsul Arifin yg sering kita panggil Kakak Syamsul. Acara berlangsung dari pagi jam 7.30-21.00 malam, hanya diberikan istirahat untuk sholat dan berbuka puasa, setelah acara selesai, dihimbaukan semua siswa sholat Tarawih berjamaah di meeting room hotel setempat. Semua siswa sangat senang karena dapat saling berkenalan dan bertukar motivasi.

Hari kedua dilaksakannya pelatihan OSIS yang diikuti oleh masing-masing pengurus Osis dari semua kabupaten se- Provinsi NTB. Hal yang paling berkesan dalam benak saya adalah ketika dilakukan Dinamika Kelompok atau Out Bond. Diantara out boun tersebut ada yang berbentuk Jual Beli Materi yang dipandu oleh Sismono Laudy (kak Mon) yang langsung berakting sebagai pimpinan perusahaan. Barang-barang yang diperjualbelikan pun sangat menarik, antaralain ; jiwa kepemimpinan, patriotisme dan lain-lain.

Semua siswa berbaur untuk melakukan obral dan iklan untuk memulai pemasaran. Yang unik dalam kegiatan ini, siswa sangat cekatan dalam mematok dan melakukan penawaran yang diilakukan melalui pola penjelasan materi yg di jual tersebut. Setelah itu dilakukan penilaian dan mengevaluasi kesalahan antar kelompok, dan diakhiri dengan permainan yang sangat menyenangkan agar semua siswa tidak merasa bosan bersama tangungjawab dan kewajiban menjalankan Ibadah Puasa.

Hari ke - Tiga  dilaksanakannya Diklat Kepemimpinan OSIS di Hotel Fave, disamping materi pokok yang diberikan, ada lagi kenangan saya yaitu yel-yel yang bernilai spirit, baik saat kegiatan ataupun dalam hal menumbuhkan jiwa patriotism untuk provinsi kita, Nusa Tenggara Barat. Semua Siswa bersorak gembira mengucapkan Yel-yel, bersama panduan pemeteri yang bernama Adji Saiddunillah. Yel-yel tersebut berbunyi, Ayo...ayoo...ayo…. Kita Pasti Mampu... Ayo...ayo...ayo...NTBkan Maju.. Ayo...ayoo...ayo.. Kita Tunjukkan Pada Duniaa... Nusa... Tenggara... Barat... JAYA!!!.....

Yel – yel ini menambah semangat kami mengikuti pelajaran. Semua panitia pun ikut bersemangat. Dalam materi out bond, berbagai bentuk yang ditunjukkan bersama makna dibalik permainan tersebut seperti, menjaga keseimbangan botol, yang diantara tujuannya untuk melatih konsentrasi berfikir. Ada pula permainan mengambil bola di tembok dan lain-lain. Hal lainnya yang  dapat kami pelajari di berbagai macam permainan adalah bagaimana kita menjalan sikap dalam berorganisasi, bagaimana cara kita menanamkan semangat bela Negara, dan lain-lain. Semua pelajaran diakhiri dengan mempresentasikan hasil kerja kelompok berdasarkan apa yang didapat selama mengikuti materi tersebut. (*).
Powered by Blogger.